OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil, Usir Hipertensi Jauh-jauh!

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Awalnya, gejala hipertensi ini akan ringan-ringan saja. Misalnya saja kepala bagian belakang terasa berat, pusing, dada berdebar, nyeri dada, sampai kesulitan bernapas. Awalnya memang ringan, namun jika terjadi komplikasi bisa berakibat fatal.

Cara paling mudah mengecek tekanan darah adalah dengan menggunakan alat. Bisa dilakukan secara mandiri di rumah atau ke tempat-tempat yang melayani pengecekan. Jika sudah didiagnosis darah tinggi, ada beberapa tips yang perlu dilakukan supaya darah bisa tetap stabil.

Makanan makanan sehat

Tips pertama adalah perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hanya pilih berbagai jenis makanan sehat. Contohnya saja buah-buahan, sayuran, ikan, sampai whole grain. Usahakan juga untuk mendapatkan berbagai makanan dengan kandungan potasium yang cukup, yang bisa membantu mengontrol tekanan darah. Kurang-kurangi makanan dengan kandungan saturated fat dan trans fat.

Kurang-kurangi konsumsi garam

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil, Usir Hipertensi Jauh-jauh!
Foto: health.clevelandclinic.org

Makanan tanpa garam terasa hambar. Namun tidak harus serta merta memangkas garam yang masuk ke tubuh, kamu bisa menguranginya sedikit demi sedikit. Batasi konsumsi garam per harinya menjadi 2.300 miligram. Tapi jika bisa, kurangi sedikit lagi menjadi 1.500 miligram per hari, ukuran ideal untuk orang dewasa.

Selain memperhatikan jumlah garam di makanan yang dibuat, juga pada berbagai snack atau makanan ringan yang dimakan. Ada banyak sekali makanan tinggi garam yang bisa dengan mudah menyebabkan darah tinggi meningkat. Misalnya saja ikan asin, sup kaleng atau berbagai makanan beku.

Baca juga: Kelola Hipertensi untuk Cegah Gagal Jantung

Perbanyak aktivitas fisik

Banyak melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin bisa mengurangi tekanan darah secara alami. Itu juga akan memperkuat sistem kardiovaskular tubuh. Jika memungkinkan, lakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu. Bisa dibagi menjadi beberapa sesi selama seminggu. Mudahnya, lakukan olahraga selama 30 menit seminggu 5 kali.

Kurang-kurangi stres

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil, Usir Hipertensi Jauh-jauh!
Foto: pmctraining.com

Olahraga merupakan cara yang sangat bagus mengatur tekanan darah. Ada juga aktivitas lainnya yang tidak kalah bagus, yakni menjaga tingkat stres tetap stabil. Caranya dengan melakukan yoga, meditasi, latihan pernafasan, pijat, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk tidur teratur supaya tingkat stress bisa turun dengan alami.

Cek tekanan darah secara rutin

Satu lagi, kamu perlu memantau tekanan darah. Caranya tentu saja dengan mengecek secara rutin tekanan darah. Coba cari tahu apa-apa saja yang membuat tekanan darah meningkat hebat. Jika sudah begitu, bisa diminimalisir dampak yang lebih menakutkan.

Namun, jika gejala darah tinggi yang dirasakan sudah cukup mengganggu, kamu bisa segera memeriksakan diri ke dokter. Jika belum bisa berkunjung ke dokter, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi online.

 

 

Sumber: healthline.com, mayoclinic.org

Must Read

Related Articles