OUR NETWORK

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak

Sebagian besar wanita Indonesia memiliki kulit berminyak, entah itu normal to oily skin, oily skin, atau combination skin. Suhu Indonesia yang cenderung berada di kisaran 23-30 derajat memang akan membuat kulit mudah mengeluarkan minyak. Permasalahan bagi para wanita berkaitan dengan kulit berminyak adalah makeup yang mudah luntur dan tidak tahan lama. Mungkin Ladies pernah merasakannya ya, makeup yang sudah susah payah Ladies aplikasikan ke wajah, ternyata hanya bertahan selama beberapa jam saja. Memang sih sekarang sudah ada primer ataupun setting spray, tetapi apakah dua produk tersebut cukup untuk menahan minyak berlebih di wajahmu? Sayangnya, tidak Ladies. Untuk membuat kulit berminyak menjadi lebih jinak pada makeup, ternyata Ladies harus memulainya dari skincare terlebih dahulu.

Ingin tahu lebih lengkap? Keep scrolling, Ladies ?

1. Eksfoliasi kulit

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak
Foto: thelodown.com

Eksfoliasi kulit sangatlah penting, tetapi ingat, jangan berlebihan juga ya Ladies. Eksfoliasi yang berlebihan justru akan memancing produksi minyak secara besar-besaran. Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu, setiap dua-tiga hari sekali. Pastikan Ladies menggunakan produk yang lembut di kulit ya. Lebih lengkapnya, Ladies bisa cek di sini!

2. Persiapkan kulit wajah

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak
Foto: huffingtonpost.com

Sebetulnya hal ini sudah menjadi pengetahuan umum ya: selalu cuci wajah sebelum menggunakan makeup. Wajah yang kotor akan membuat make up enggan melekat pada kulit, dan justru membuat pori-pori tersumbat. Sebaiknya Ladies mencuci wajah dengan air dingin agar pori-pori tidak melebar. Setelah mencuci wajah, usapkan toner pada wajah untuk menambah kesegaran wajah.

3. Aplikasikan pelembap non-cream.

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak
Foto: aliceinnappyland.com

Apabila Ladies berpikir bahwa kulit berminyak tidak memerlukan pelembap, Ladies salah besar. Kulit jenis apapun tetap membutuhkan pelembap demi menjaga kelembapan kulit, yang berbeda hanyalah jenis pelembapnya saja. Untuk kulit berminyak, pilihlah pelembap non-cream, seperti gel lidah buaya. Selain pelembap, Ladies pun memerlukan sunscreen, minimal SPF 15. Carilah sunscreen no sebum agar tidak memancing lebih banyak minyak. Pastikan juga Ladies mengecek komposisi sunscreen ya, carilah sunscreen yang mengandung Zinc Oxide atau Titaninum Dioxide yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiperadangan.

4. Primer is a must!

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak
Foto: byrdie.com

Setelah pelembap dan sunsfreen diserap wajah, barulah Ladies aplikasikan primer. PIlihlah primer yang akan membuat wajah menjadi matte ataupun menutupi pori-pori. Pastikan Ladies selalu melihat label primer sebelum membeli atau menggunakan ya sebab ada juga primer yang diperuntukkan bagi kulit kering.

5. Pilih kosmetik yang tepat.

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak

Di dunia ini, ada banyak jenis wajah, dari mulai berminyak, kering, kombinasi, hingga sensitif, sehingga wajar saja jika perusahaan kosmetik membuat rangkaian makeup yang luas. Seperti saat memilih primer, Ladies pun harus memilih foundation dan concealer yang diperuntukkan bagi wajah berminyak. Gunakanlah foundation dan concealer dengan hasil akhir matte yang bebas dari komposisi minyak juga parfum. Hindari penggunaan produk yang menjanjikan hasil luminous ataupun dewy.

6. Bedak tabur.

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak
Foto: mixwellness.com

Bedak tabur adalah pilihan terbaik bagi kulit berminyak karena formulanya mampu menyerap lebih banyak minyak.

7. Gunakan brush untuk mengaplikasikan foundation.

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak
Foto: bestproducts.com

Ada banyak alat untuk meratakan foundation di wajah, dari mulai tangan, brush hingga sponge. Untuk kulit berminyak, brush adalah foundation tools terbaik karena dapat menutup pori-pori lebih saksama, dan membuat makeup bertahan lebih lama di wajah. Apabila ada noda hitam di wajah, cobalah untuk mengaplikasikan concealer dengan jari manis. Selain itu, hindari penggunaan sponge ya Ladies.

8. Matte blush on.

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak
Foto: saubhaya.com

Kulit berminyak tidak memerlukan banyak highlighter karena seiring berjalannya waktu, wajah akan mengeluarkan highlighter-nya sendiri hihihi. Oleh sebab itu, pilihlah blush on dengan hasil akhir matte agar wajah tidak terlihat mengilap sepanjang waktu.

9. Setting spray

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak
Foto: youtube.com

Setting spray berfungsi untuk membuat makeup lebih tahan lama, juga lebih terlihat alami. Setting spray akan meleburkan foundation, blush on, bedak dan bronzer sehingga tampak seperti datang dari wajah Ladies sendiri. Seperti halnya produk kosmetik lainnya, setting spray pun terdiri dari dua jenis, untuk hasil dewy dan matte. Ladies pasti sudah tahu kan setting spray apa yang harus dipilih? Tentu saja yang matte! ?

10. Sedia oil control paper

Tips Membuat Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Berminyak
Foto: aliexpress.com

Produk satu ini tampaknya tidak akan meninggalkan pouch makeup atau tasmu, Ladies. Oil control paper, atau yang biasa disebut kertas minyak, sangatlah membantu Ladies untuk menyingkirkan minyak membandel di wajah. Oil control paper biasanya tidak merusak makeup karena yang diserapnya benar-benar hanya minyak. Sudah cukup banyak loh kertas minyak terjangkau yang tersedia di pasaran.

Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: stylecraze, Foto cover: stylecraze.com

Comments

Loading...