OUR NETWORK

Tanda Serius Tubuhmu Sedang Kelelahan Karena Terlalu Banyak Olahraga

Tanda Serius Tubuhmu Sedang Kelelahan Karena Terlalu Banyak Olahraga
Foto: theactivetimes.com

Olahraga secara rutin memang sangat bagus untuk tubuh. Mengeluarkan keringat juga bagus supaya racun-racun juga keluar dengan lebih optimal. Namun Ladies, olahraga akan sangat baik jika dilakukan secara rutin dengan intensitas yang cukup dan tidak berlebihan. Karen Dawn dan Katrina Scott, founder dari pemilik fitness Tone It Up, yang menawarkan tips, olahraga via aplikasi, nutrisi, dan  bahkan juga suplemen akan memberikan beberapa pertanda jika kamu terlalu berlebihan dalam berolahraga.

Tidur Terlalu Banyak atau Tidak Bisa Tidur Setelah Olahraga

Tanda Serius Tubuhmu Sedang Kelelahan Karena Terlalu Banyak Olahraga
Foto: bustle.com

Sebanyak apapun kamu tidur, tapi masih merasa kecapekan? Atau kamu tidak bisa tidur? Kedua hal tersebut bisa terjadi karena kamu terlalu berlebihan dalam berolahraga. Ketika kamu olahraga terlalu berlebihan, tubuh bisa mengartikannya sebagai stres, dan akan memicu timbulnya hormon kortisol yang membuat tubuh kesulitan untuk tidur. Tidur merupakan waktunya tubuh dan otak memperbaiki diri, jadi jika kamu olahraga berlebihan, tubuh akan memberikan sinyal untuk istirahat lebih banyak.

Olahraga Malah Membuatmu Sangat Kelelahan

Jika kamu selesai olahraga dan merasa membutuhkan tidur siang, dibandingkan merasa segar kembali atau siap melakukan sesuatu yang baru, tubuh sepertinya merasa kelelahan. Dan mungkin ini saatnya kamu memikirkan kembali olahraga yang telah dilakukan. Mungkin bisa memikirkan alternatif olahraga yang lebih ringan atau mempersingkat waktu.

Kamu Jadi Moody dan Mudah Tersinggung

Tanda Serius Tubuhmu Sedang Kelelahan Karena Terlalu Banyak Olahraga
Foto: self.com

Pertanda selanjutnya adalah kamu merasa mudah tersinggung dan murung. Jika hal-hal kecil saja membuatmu merasa sedih dan moody, mungkin tubuh memberikan pertandanya jika kamu sedang merasa kelelahan. Tubuh mungkin meminta istirahat atau liburan. Pilih salah satu yang akan membuat semangatmu kembali.

Kamu Jadi Mudah Sakit

Ketika tubuh kebanyakan olahraga, sistem kekebalan akan jadi rentan, dan mudah sakit. Atau bisa juga saat kamu sakit, proses penyembuhannya memakan waktu yang cukup lama. Perhatikan tanda ini ya Ladies, tubuhmu butuh istirahat. Jangan diforsir jika tubuh sudah tidak kuat.

Kamu Merasa Tidak Termotivasi untuk Olahraga

Tanda Serius Tubuhmu Sedang Kelelahan Karena Terlalu Banyak Olahraga
Foto: theactivetimes.com

Ciri selanjutnya adalah kamu merasa tidak termotivasi dengan olahraga yang biasanya kamu lakukan. Ironis sebenarnya, olahraga biasanya akan membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin, yang membuat tubuh bahagia atau merasa baik. Namun, jika terlalu banyak olahraga akan membuat suasana hati menjadi buruk, energi malah seakan terkuras habis, kamu perlu bersantai sejenak dan memulihkan energi diri.

Bagaimana Ladies, apakah tanda-tanda itu ada pada dirimu? Jika memang demikian, ada baiknya untuk istirahat sejenak sebelum memulai training yang lebih berat nantinya.

Sumber: thezoereport, livestrong

Comments

Loading...