OUR NETWORK

3 Rekomendasi Kacamata Blue-Light Filtering yang Harus Kamu Miliki

3 Rekomendasi Kacamata Blue-Light Filtering yang Harus Kamu Miliki
Foto: shopfelixgray.com

Ladies yang bekerja sudah tentu setiap harinya berhadapan dengan layar komputer dan menghabiskan sebagian besar waktu untuk melihat gadget. Hal ini memungkinkan kamu mengalami kelelahan mata. Mulai dari pandangan mata yang seringkali kabur sampai sakit kepala yang tak tertahankan karena terlalu lama menatap sinar biru di layar komputer maupun gadget. Tak jarang, Ladies juga sering mengalami susah tidur di malam harinya.  Hal ini disebabkan oleh kontak yang terlalu lama dengan sinar biru dalam layar, terutama di malam hari, telah terbukti mengacaukan pola tidur kita.

Menurut Lisa Ostrin, asisten profesor di College of Optometry University of Houston. Paparan sinar biru mengurangi produksi melatonin, hormon tidur dalam tubuh kita. Melatonin ini adalah hormon yang keluar saat tubuh kita merespon gelap sehingga membantu mempersiapkan tubuh kita untuk tidur.

Baca juga: 3 Nutrisi Penting untuk Lindungi Mata dan Otak Dari Paparan Blue Light Rays

Beberapa perusahaan memang telah melakukan berbagai inovasi untuk mencegah pengguna layar agar tidak terlalu terpapar sinar biru ini. Kalau kamu teliti, kamu akan  menemukan aplikasi desktop seperti F.lux yang bisa mengurangi cahaya biru dari monitor saat bagian luarnya menjadi lebih gelap, atau penutup layar fisik, seperti Purp, yang menghalangi cahaya biru dari ponsel cerdas kamu. Untuk pemilik iPhone, fungsi shift malam internal juga berfungsi mengurangi produksi lampu biru dalam perangkat.

Selain itu, perusahaan seperti Felix Gray, Zenni, dan Gunnar, juga telah mengembangkan kacamata yang dirancang untuk menyaring cahaya biru. Mereka mengatakan bahwa teknologi lensa mereka yang terbuat dari polimer khusus dengan solusi penyaringan yang dibangun di dalam lensa dan pelapis berwarna dapat menghalangi cahaya biru terpapar langsung ke mata pengguna. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi Ladies karena bisa mengatasi persoalan sinar biru ini.

Perusahaan tersebut memproduksi tiga kacamata berbeda dengan tujuan yang sama yakni blue-light filtering  yang dapat digunakan untuk menekan efek samping dari sinar biru pada mata. Tiga kacamata ini sangat direkomendasikan buat Ladies yang memang kesehariannya tidak bisa lepas dari layar komputer maupun gadget. Apa aja sih tiga tipe kacamata blue-light filtering ini?  

1. Gunnar Mod Glasses ($100)

3 Rekomendasi Kacamata Blue-Light Filtering yang Harus Kamu Miliki
Foto: gunnar.com

Kacamata Gunnar memiliki filter terkuat dari ketiganya. Hal ini karena warna kustom dan pelapis lensa berhasil melembutkan tampilan setiap perangkat pemancar cahaya dan mengurangi silau layar masing-masing. Jika Ladies tipe pekerja yang sering lembur, sudah pasti kacamata ini wajib dicoba. Gunnar memang menawarkan warna lensa yang berbeda (beserta opsi resepnya). Jadi, kamu bisa mengubah warna gambar di layar kamu sesuai dengan yang kamu inginkan.

2. Felix Gray Nash Glasses ($95)

3 Rekomendasi Kacamata Blue-Light Filtering yang Harus Kamu Miliki
Foto: shopfelixgray.com

Dari ketiganya, kacamata Felix Gray adalah opsi Goldilocks. Perusahaan memanggang solusi penyaringan cahaya biru ini ke dalam setiap frame untuk mencegah lapisan penyaringan cahaya biru tidak luntur atau terkelupas. Bingkai juga dilapisi dengan perlindungan anti-silau yang efektif digunakan ketika menatap layar yang cerah. Saya akan memilih ini untuk dipakai di hari kerja, tidak terlalu pagi dan tidak terlalu larut malam. Dalam hal kesesuaian, itu adalah yang paling nyaman, sampai kamu bisa-bisa lupa sedang menggunakannya, Ladies. Seperti Gunnar dan Zenni, Felix Grey menawarkan bingkai resep untuk pemakaian sehari-hari.

3. Zenni Blokz Blue Blocker Lenses ($25 ke atas)

3 Rekomendasi Kacamata Blue-Light Filtering yang Harus Kamu Miliki
Foto: amazon.com

Zenni, yang memiliki polimer penyerap cahaya biru, berguna untuk memeriksa e-mail di pagi hari ketika kamu tidak membutuhkan banyak daya pemblokiran dan menginginkan opsi yang lebih ringan. Tetapi pada malam hari, Zenni tidak seefektif Felix Grays atau Gunnars. Cahaya dari layar  masih dapat menembus dan membuat mata cukup terjaga di malam hari. Dengan harga $25, Zenni ini merupakan pilihan yang terjangkau untuk perlindungan cahaya biru ya, Ladies. Zenni juga menawarkan berbagai pilihan bingkai resep jika kamu ingin menambahkan teknologi ke kacamatamu sehari-hari.

Baca juga: Tips Memilih Bingkai Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah

Nah, itulah tiga kacamata yang recommended banget buat kamu yang memang selalu berhadapan dengan layar biru maupun gadget.

Sumber: outsideonline

Comments