Free Porn
xbporn
OUR NETWORK

Seberapa Cepat Tubuh Secara Normal Menurunkan Berat Badan?

Tahun ini mungkin salah satu keinginan kamu adalah menurunkan berat badan ke angka ideal. Kamu pasti pernah melihat di sosial media kisah sukses orang-orang yang berhasil menurunkan berat badan. Tapi seberapa cepat berat badan turun dalam batas aman? Cek ulasannya di bawah ini, yuk!

Faktor yang mempengaruhi berat badan

Sebelum membahas tingkat penurunan berat badan, kita perlu tahu faktor apa saja yang mempengaruhi berat badan itu sendiri. Antara lain:

1. Gender

Umumnya wanita memiliki persentase lemak per otot lebih besar dibanding pria. Artinya wanita membakar lebih sedikit kalori dibanding pria dan pria lebih cepat menurunkan berat badan dibanding wanita.

2. Usia

Seiring pertambahan usia, persentase lemak meningkat dan persentase otot menurun. Karena itu semakin bertambah usia, semakin sulit untuk menurunkan berat badan.

3. Keadaan awal tubuh

Seberapa Cepat Tubuh Secara Normal Menurunkan Berat Badan?
Foto: pexels

Keadaan tubuh sebelum diet juga menentukan seberapa besar penurunan berat badan yang terjadi. Begitu juga dengan perbandingan lemak dan otot di tubuh.

3. Kalori defisit

Semakin banyak jumlah kalori yang dikurangi, semakin besar penurunan berat badan yang terjadi. Namun, jika terlalu besar jumlah kalori yang dikonsumsi, tubuh juga dapat mengalami defisiensi nutrisi. Karena itu jumlah pengurangan kalori perlu dikonsultasikan dulu ke ahlinya.

4. Tidur 

Kurang tidur dapat mengganggu proses penurunan berat badan. Mereka yang tidur telat dan begadang cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan tinggi kalori seperti kue, cemilan, dan minuman berperisa. 

5. Faktor lain

Selain 5 faktor tadi, ada faktor lain seperti kondisi medis, obat yang sedang dikonsumsi, dan hereditas.

Kecepatan menurunkan berat badan yang aman

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Namun menurunkan berat badan dengan cepat dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan dehidrasi. Selain itu ada juga efek samping lain seperti: 

  • Sakit kepala
  • Cepat marah
  • Kelelahan
  • Konstipasi
  • Kehilangan rambut
  • Siklus menstruasi terganggu
  • Kehilangan otot

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, direkomendasikan untuk menurunkan 0,5–1,4 kg atau sekitar 1% dari berat badan saat itu per minggunya. Ini jumlah yang dianggap aman dan dapat dilakukan secara konsisten untuk mencapai berat badan yang kamu inginkan.

Baca juga: 8 Diet Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Berkelanjutan

Disarankan juga untuk mencatat progres yang kamu dapatkan. Mereka yang mencatat dan membuat jurnal terbukti lebih berhasil ketimbang yang tidak.

Perlu diingat bahwa proses menurunkan berat badan bukan merupakan proses linear. Ada saatnya berat kamu turun secara signifikan, tapi ada juga saatnya berat kamu turun sedikit bahkan tidak turun sama sekali. Karena itu jangan patah semangat jika hal tersebut terjadi, Ladies!

 

Sumber: Healthline

Must Read

Related Articles