OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Produk Hair Care Bisa Jadi Penyebab Jerawat di Badan, Cek Tandanya Di Sini

Breakout berupa jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Jerawat bisa timbul di muka maupun di badan. Faktor penyebabnya pun bermacam-macam. Ada yang disebabkan karena hormon, genetik, stres, diet, dan lain sebagainya. Ada satu lagi nih faktor penyebab jerawat yang jarang diperhatikan yakni produk hair care. Jika kamu punya jerawat di badan dan bingung penyebabnya apa, coba cek gejalanya lewat poin-poin berikut, Ladies.

1. Cek lokasi jerawat muncul

Jika kamu terus menerus mengalami jerawat di daerah sekitar rambut, bagian leher belakang, atau di punggung dan area lain yang sering terkena rambut, kemungkinan besar kulitmu tidak cocok dengan produk hair care yang kamu pakai. Jerawat di punggung juga sering terjadi akibat kombinasi keringat berlebih dan baju yang terlalu ketat. Karena itu jangan menggunakan baju yang terlalu ketat dan lap keringatmu segera setelah kamu selesai berolahraga. 

2. Pertimbangkan jenis kulitmu

Produk Hair Care Bisa Jadi Penyebab Jerawat di Badan, Cek Tandanya Di Sini
Foto: pexels.com

Jerawat baik di muka maupun di badan dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya faktor jenis kulit. Kulit yang berminyak atau acne-prone memiliki resiko berjerawat lebih besar, apalagi jika terkena bahan yang bersifat comedogenic atau menutup pori-pori.

3. Coba ganti produk perawatan rambut

Salah satu cara terbaik untuk tahu apakah produk hair care kamu menyebabkan jerawat yakni dengan menghentikan pemakaian selama beberapa lama dan lihat apa yang terjadi. Kamu bisa berpindah sebentar ke produk hair care yang pernah kamu pakai dan kamu tahu produk tersebut aman untuk kulitmu.

4. Bahan yang perlu dihindari: Coconut oil

Produk Hair Care Bisa Jadi Penyebab Jerawat di Badan, Cek Tandanya Di Sini
Foto: pexels.com

Dr. Rubin mengatakan bahwa coconut oil berada di peringkat teratas sebagai bahan yang sering menyebabkan jerawat. Coconut oil memang bagus untuk menghidrasi rambut sekaligus membuatnya berkilau. Namun coconut oil juga merupakan bahan comedogenic yang dapat menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Kamu juga perlu menghindari cocoa butter atau lemak kakao karena bahan tersebut juga bersifat comedogenic.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

5. Bahan yang perlu kamu cari: non komedogenik

Produk hair care yang perlu kamu cari yakni yang tidak mengandung bahan komedogenik serta penyebab iritasi lainnya seperti sulfat dan silikon. Selain itu cari yang mengandung bahan aktif salicylic acid. Bahan satu ini sering dipakai dalam produk skincare untuk kulit jerawat dan bagus untuk melawan ketombe serta jerawat baik di kulit kepala maupun di kulit badan.

Jadi jika kamu mengalami jerawat di badan, perhatikan produk hair care kamu ya, Ladies. Bisa jadi jerawat yang kamu alami disebabkan oleh hal tersebut.

 

Sumber: Hello Giggles

Must Read

Related Articles