OUR NETWORK

Pencinta High Heels Ketahui Masalah Kesehatan Jika Kamu Terlalu Sering Menggunakannya

Pencinta High Heels Ketahui Masalah Kesehatan Jika Kamu Terlalu Sering Menggunakannya
Foto: phillyvoice.com

High heels selain digunakan untuk menopang tubuh lebih tinggi, seringkali juga menjadi pelengkap dan penunjang penampilan. Sepasang stiletto ataupun wedges memang harus ada dalam wardrobe-mu, Ladies. Namun, tahukah kamu jika terlalu sering menggunakan high heels juga memiliki efek samping buat kesehatan? Boleh digunakan tapi jangan berlebihan, inilah dampak negatif terlalu sering menggunakan high heels.

Baca juga: 5 Produk yang Sangat Bermanfaat untuk Para Pengguna Heels

Kram Kaki

Pencinta High Heels Ketahui Masalah Kesehatan Jika Kamu Terlalu Sering Menggunakannya
Foto: stylecraze.com

Salah satu penyakit yang mengintaimu yang terlalu sering menggunakan high heels adalah kram kaki. Tak bisa dipungkiri, saat kamu mengenakan sepatu hak tinggi, kaki akan menegang menahan berat tubuh. Jika berdiri lama akan membuat kaki jadi nyeri dan kaku. Malahan, akan terjadi peradangan pada jari-jari kaki jika bahan pembuat sepatu terlalu keras.

Nyeri di Persendian

Gangguan selanjutnya yang bisa didapatkan adalah terasa nyeri di persendian. Saat mengenakan sepatu hak tinggi, jari-jari kaki dipaksa ke posisi membungkuk dan semestinya lurus. Hal ini menyebabkan lutut menyerap beban dari setiap langkah kaki yang kamu ambil. Berdasarkan American Association of Orthopedic Surgeon, beban yang ditumpukkan ke lutut ini akan memperparah radang sendiri. Pergelangan kaki juga akan merasakan guncangan, jadi tidak heran jika saat banyak kegiatan dan mengharuskanmu mengenakan high heels akan membuat sendi jadi kaku dan sakit.

Munculnya Varises

Varises merupakan salah satu musuh wanita yang cukup susah untuk dibasmi. Jika kamu tidak mau terkena varises, ada baiknya untuk meminimalisir penggunaan high heels. Bagaimana tidak, saat mengenakan sepatu hak tinggi, otot tumit di bagian belakang betis akan menegang dan memicu tekanan pada pembuluh darah. Jika terus menerus dilakukan, bisa muncul varises.

Menimbulkan Hammer Toe

Hammer toe atau salah satu sendi kaki bengkok merupakan efek samping yang cukup berbahaya dari penggunaan sepatu hak tinggi. Posisi kaki yang tidak semestinya, ketengangan pada betis, serta penekanan pada pembuluh darah bisa menghasilkan kelainan bentuk kaki. Jika sudah begini, kaki akan sulit digerakkan dan bisa memunculkan mata ikan atau kapalan.

Bisa Melemahkan Ligamen Lutut

Pencinta High Heels Ketahui Masalah Kesehatan Jika Kamu Terlalu Sering Menggunakannya
Foto: medium.com 

Dampak lainnya yang perlu untuk diwaspadai adalah melemahkan ligamen lutut. Ligamen sendiri merupakan salah satu bagian penting dalam sistem tulang dan otot, bagaimana jika terjadi cidera atau fungsinya melemah? Bisa-bisa menyebabkan kesulitan berjalan.

Baca juga: 12 Padu Padan Jeans dan Heels untuk Inspirasi OOTD

Menggunakan high heels boleh-boleh saja Ladies, tapi usahakan untuk menggunakannya dalam jangka waktu yang bijak. Lakukan juga perawatan untuk kaki seperti pijat atau berendam dengan air hangat untuk memulihkan lagi otot-ototmu yang pegal, Ladies. Jangan sampai hanya karena ingin tampil gaya, kesehatan jadi taruhannya.

Sumber: Stylecraze, Insider

Comments

Loading...