OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Mengenal Folikulitis yang Menyerang Folikel Rambut

Folikulitis merupakan keadaan saat folikel (tempat pertumbuhan rambut bentuknya adalah lubang kecil di rambut) mengalami peradangan. Biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan juga jamur.

Perlu diketahui bahwa, kasus ini dimulai dari sebuah benjolan kecil seperti jerawat, lambat laun menjadi semakin membesar, membengkak, rasanya sangat gatal dan perih. Bila dibiarkan akan mengerak sehingga, luka tidak kunjung sembuh.

Selain itu, penyakit ini jika tidak ditangani segera bisa mengakibatkan kerontokan parah sampai permanen, serta kerusakan pada jaringan parut. Bila mendapatkan penanganan biasanya bisa sembuh hanya beberapa hari saja.

Penyebab utama folikulitis

Mengenal Folikulitis yang Menyerang Folikel Rambut
Sumber: orami.com

Penyebab dari penyakit ini adalah hadirnya bakteri Staphylococcus aureus, di mana setelah menyerang folikel rambut, beberapa efek kemudian akan terjadi. Misalnya, terjadi jerawat, dermatitis, sampai bekas luka bakar.

Ada tanda yang bisa kamu lihat bila memang terkena bakteri ini yaitu, terdapat tanda jerawat kecil. Warnanya kalau tidak merah, ya putih hanya saja didalamnya berisi nanah, rasanya cukup sakit dan gatal sekali.

Perlu diketahui penyakit ini sendiri mempunyai beberapa jenis dan gejala yang perlu diketahui, dengan begini kamu bisa menghindarinya terutama untuk anak. Berikut berbagai jenis dari Folikulitis.

  1. Pseudomonas aeruginosa folikulitis, merupakan bakteri yang tumbuh subur di air panas, gejalanya adalah kemunculan ruam terasa sensasi gatal luar biasa. Berlangsung selama 2 minggu, jika sudah sembuh ditandai dengan lukanya terlihat memudar.
  2. Malassezia follicullitus penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur, mampu menciptakan sensasi jerawat yang terasa sangat gtatal. Biasanya menyerang pada bagian dada hingga punggung. Hati-hati bisa bertambah parah apabila, tercampur dengan keringat.
  3. Pseudofolicullitis barbae adalah penyakit Folikulitis yang muncul akibat pisau cukur saat memakainya di area janggut.
  4. Sycosis Barbae untuk satu ini disebabkan karena proses pencukuran dan menjadikan sebuah luka. Diawali dari infkesi folikel rambut kemudian berujung ke putula merah besar.

Pengobatan yang dilakukan

Folikulitis mengalami beberapa tahap terlebih dulu sebelum mendapatkan perawatan serta pengobatan secara intensif. Diagnosa dari dokter menjadi satu poin penting yang tidak boleh ditinggalkan.

Biasanya, tenaga medis akan mengusap bagian kulit serta rambut. Lalu, memeriksanya ke bagian laboratorium untuk dilihat lebih lanjut. Hal ini merupakan sebuah langkah agar dokter mengerti apa yang jadi penyebanya baru melakukan tindakan.

Pemberian obat-obatan menjadi opsi terbaik yang dilakukan oleh tenaga medis. Ada krim atau pil sebagai salah satu langkah pengendalian infeksi terutama dalam melawan jamur hingga berbagai bakteri.

Selain itu, dokter terkadang juga meresepkan krim atau pil sebagai upaya untuk mengatasi peradangan pada kasus folikulitis eosinoflik. Bila semua itu masih belum mampu memberikan kesehatan, terpaksa tindakan harus ditingkatkan.

Mulai dari melakukan operasi kecil, andai saja kamu mempunyai benjolan kecil. Maka, akan disayat terlebih dulu, agar nanah didalamnya dapat keluar. Keadaa tersebut mampu menghilangkan rasa sakit, pemulihan sampai mengurangi jaring parut.

Bila nanah itu terus mengalir, maka dokter akan menutupnya dengan kain streril, lalu bagaimana kalau cara tersebut? Maka, akan ada prosedur lain coba diterapkan seperti Laser Hair Removal atau terapi dengan laser.

Teknik ini merupakan prosedur jangka panjang agar infeksi berulang tidak terjadi. Hanya saja akan mengurangi folikel rambut secara permanen sekaligus kepadatannya, tetapi hanya pada tempat yang mendapatkan perawatan saja.

Pencegahan

Mengenal Folikulitis yang Menyerang Folikel Rambut
Sumber: halodoc.com

Folikulitis bisa dicegah, sehingga kamu tidak perlu mengerti bagaimana rasanya. Caranya cukup mudah, seperti menjaga kebersihan terutama tangan sampai area folikel rambut. Selain itu perhatikan di bawah ini,

  1. Hindari pemakaian gunting untuk rambut, handuk serta pakaian secara bersama dengan orang lain.
  2. Jangan lupa cuci handuk, pakaian, spray, menggunakan air panas hingga detergen.
  3. Saat mandi usahakan menggunakan sabun antiseptic hanya saja, bisa menyebabkan kulit kering maka dari itu, jangan lupa gunakan pelembap.
  4. Cobalah mulai sekarang mencukur rambut dimulai dari arah tumbuhnya

Folikulitis merupakan penyakit yang harus dihindari. Kalau sudah parah bisa merusak rambut, bagian kulit. Hingga menyebabkan infeksi parah. Maka dari itu, segera pergi ke dokter bila muncul bintik kecil dan terasa perih atau gatal, sebagai antisipasi.

Must Read

Related Articles