OUR NETWORK

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Lidah buaya adalah tanaman yang sangat mudah ditemukan ataupun ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Coba tengoklah kebun atau pekarangan rumah ladies, apakah tanaman montok berduri ini bertengger manis di sana? Jika tidak, yuk segera tanam sebanyak-banyaknya! Selain bermanfaat bagi pelega mulut dan tenggorokan (sudah coba es lidah buaya? Beuh! Cocok untuk menu berbuka puasa loh ?), lidah buaya pun memiliki berbagai manfaat untuk kulit dan rambut. Apa saja? Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Menenangkan luka bakar

Dengan kandungan antiradang dan sifat mendinginkan yang dimilikinya, gel lidah buaya adalah obat yang tepat bagi luka bakar. Gel lidah buaya menyediakan lapisan pelindung bagi kulit yang membantu kulit memelihara kelembapannya. Lidah buaya pun kaya akan antioksidan dan mineral yang dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Sebuah studi menemukan bahwa gel aloe vera menunjukkan efek antiinflamasi yang lebih tinggi daripada 1% hidrokortison ketika diaplikasikan selama lebih dari 48 jam. Peneliti menyimpulkan bahwa gel lidah buaya mungkin akan berguna dalam perawatan topikal dalam perawatan topikal dari kondisi kulit inflamasi seperti kemerahan kulit akibat sinar UV.

2. Melembapkan kulit

Jika ladies mencari pelembap yang tidak membuat kulit berminyak, lidah buaya adalah pilihan tepat. Penelitian membuktikan bahwa ekstrak lidah buaya adalah zat alami yang efektif untuk meningkatkan hidrasi kulit. Kerennya lagi, aloe vera melembutkan dan melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Bukan tanpa alasan jika aloe vera seringkali digunakan sebagai obat untuk merawat bekas luka senjata tajam, luka bakar, atau luka lain. Dari sebuah penelitian eksperimental ditemukan bahwa lidah buaya dapat mempercepat penyembukan luka bakar tingkat dua hampir sembilan hari lamanya. Hasil luar biasa tersebut membuktikan bahwa aloe vera memiliki kemampuan membantu reproduksi kulit delapan kali lebih cepat, dan mampu memasuki lapiran epidermis empat kali lebih cepat daripada air.

4. Melawan penuaan

Kandungan vitamin C, E, dan beta karoten yang melimpah membuat lidah buaya dipercaya memiliki kemampuan antipenuaan. Sifat antiperadangan dan antibakteri, serta kemampuannya memudarkan noda dapat membantu ladies “mengurangi” tampilan usia.  Lebih jauh lagi, lidah buaya dapat dijadikan suplemen untuk melawan penuaan karena membantu produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit hanya dalam waktu 90 hari saja.

5. Mengurangi jerawat dan infeksi

Ladies memiliki masalah jerawat? Cobalah menggunakan skincare dengan kandungan aloe vera. Sifat antibakteri, antiseptik, dan antiperadangan dari aloe vera akan melindungi kulit dari bakteri dan patogen lain yang akan menimbulkan infeksi dan inflamasi. Kandungan gibberellins dan polusaccharides-nya akan menstimulasi pertumbuhan sel, dan kandungan glycoproteins-nya mengurangi peradangan dan kemerahan. Selain itu, aloe vera dapat memperkecil ukuran pori-pori, yang tentu saja akan mencegah debu dan kotoran masuk ke pori-pori. Bahkan zaman dahulu, orang-orang menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit yang terkena psoriasis dan eksim.

6. Memudarkan noda

Manfaat keenam ini adalah efek kelanjutan dari manfaat-manfaat sebelumnya. Kemampuan aloe vera dalam mempercepat reproduksi sel kulit, mencegah inflamasi, dan mengurangi kemerahan, maka aloe vera pun dapat membantu memudarkan noda, seperti noda jerawat dan stretch marks.

7. Membantu pertumbuhan rambut sehat

Lidah buaya diyakini dapat membantu mengaktifkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, dan memberikan berbagai vitamin dan mineral penting. Lidah buaya mengandung enzim proteolytic yang memperbaiki sel kulit mati pada kulit kepala. Selain itu, aloe vera pun memiliki zat kimia yang mirip dengan keratin. Dengan demikian, aloe vera akan membantu meremajakan kondisi rambut sehingga lebih elastis.

8. Mencegah ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai masasalah, seperti kulit kering, infeksi jamur, hingga iritasi dari kulit yang berminyak. Nah, lidah buaya mungkin dapat mengatasi permasalahan ketombe tersebut. Berkat kandungan antimikroba dan antiperadangan yang dimilikinya, lidah buaya mampu melawan jamur, menghidrasi, serta menyeimbangkan minyak rambut.

9. Menjaga dan memelihara kesehatan rambut dan kulit kepala

Lidah buaya akan melembutkan dan menjaga kondisi rambut seperti halnya menjaga kondisi kulit. Penggunaan lidah buaya secara rutin akan membantu mengembalikan kilau dan vitalitas rambut. Tidak seperti produk rambut yang berbahan dasar kimia, lidah buaya tidak akan meninggalkan residu ataupun membuat rambut jadi berminyak.

Sekarang lidah buaya bisa dengan mudah kamu temui di supermarket, ladies. Biasanya dijual per lembar dalam ukuran super besar. Tapi, kalau mau menanam sendiri juga cukup mudah kok. Asal sedia pot besar dan juga pastikan tanamannya terkena cukup sinar matahari ya.

Sumber: naturallivingideas.com

Comments

Loading...