OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Lisin, Bahan Aktif Anti Aging yang Juga Mengatasi Keriput Serta Anxiety

Bertambahnya usia bukanlah hal mudah karena kebutuhan nutrisi kamu menjadi bertambah nih, Ladies. Tapi selama kamu mengkonsumsi nutrisi secara tepat, berbagai masalah kesehatan terkait pertambahan umur dapat kamu atasi kok. Salah satu faktor penting dari nutrisi yang perlu kamu konsumsi seiring pertambahan usia adalah protein. Lebih spesifik lagi, yakni asam amino bernama lisin.

Manfaat Lisin untuk Kulit dan Tulang

Lisin merupakan asam amino penting yang menjaga kesehatan tulang dan membuat kulit glowing. Asam amino ini juga berfungsi seperti batu bata penyusun dari protein, Ladies. Total terdapat 20 asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa dapat dibuat di dalam tubuh dan beberapa lainnya hanya didapat dari makanan yang kita konsumsi. 

Lisin, Bahan Aktif Anti Aging yang Juga Mengatasi Keriput Serta Anxiety
Foto: unsplash.com

Lisin adalah asam amino yang kita dapat dari makanan yang kita konsumsi. Semakin bertambah usia, semakin banyak jumlah asam amino lisin yang perlu kita konsumsi. Alasannya karena berdasarkan penelitian, lisin adalah penyusun dari kolagen. 

Kolagen adalah komponen utama penyusun kulit dan tulang. Jika kamu kekurangan lisin, tulang kamu menjadi lemah dan kulit kamu dapat mengalami keriput. Karena itu kamu perlu memenuhi kebutuhan lisin kamu, ladies. Lisin juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan membuat tulang lebih kuat. Penyembuhan luka dan regenerasi kulit juga terbantu dengan adanya lisin.

Manfaat Lisin untuk Mengatasi Anxiety

Lisin, Bahan Aktif Anti Aging yang Juga Mengatasi Keriput Serta Anxiety
Foto: unsplash.com

Lisin dapat menurunkan gejala anxiety dengan menurunkan efek stress pada tubuh. Salah satu studi menunjukkan bahwa konsumsi lisin dapat menurunkan kortisol, hormon yang menyebabkan stress, pada wanita. Penelitian yang lain juga menunjukkan bahwa konsumsi 2,4 gram lisin setiap hari dapat menurunkan kortisol dan stress yang menjadi pemicu anxiety dalam jangka waktu seminggu.

Baca juga: Apa Itu Social Anxiety Disorder?

Nah jika kamu tertarik untuk mengkonsumsi lisin, asam amino ini dapat kamu konsumsi dari daging sapi, daging domba, daging ayam, alpukat, ikan salmon, ikan cod, kacang merah, kacang mete, dan kacang macadamia. Kamu juga bisa mengkonsumsi lisin yang berbentuk suplemen. Namun, disarankan untuk konsultasi ke dokter dulu ya sebelum mengkonsumsi suplemen agar jumlah yang kamu konsumsi sesuai untuk kamu. Stay healthy, Ladies!

 

Sumber: First Woman

Must Read

Related Articles