OUR NETWORK

Ini Dia Kesalahan Umum Saat Melakukan Diet

Banyak orang diet mati-matian untuk dapatkan tubuh proporsional. Banyak jenis diet pula yang telah dicoba, mulai dari OCD, mayo, diet mono, diet pisang, dan lain sebagainya. Namun, meski sudah mencoba berbagai cara diet, tapi kamu merasa terus-menerus gagal? Mungkin ada kesalahan yang kamu lakukan saat melakukannya. Memang seringkali orang melakukan kesalahan saat diet dan tidak menyadarinya. Apa saja ya, kesalahan umum saat orang-orang sedang menerapkan diet?

Terlalu sedikit minum air putih

kesalahan-umum-diet-1
Image: newhealthadvisor.com

Salah satu hal sederhana yang seringkali menggagalkan diet adalah terlalu sedikit minum air putih. Padahal, peran air putih ini sangat penting untuk metabolisme tubuh. Jika kamu sedang diet dan mengalami dehidrasi tentu saja akan fatal akibatnya. Bukannya tubuh jadi langsing bak gitar Spanyol, malah bisa-bisa sakit yang bakal didapat. Oleh sebab itulah, usahakan untuk meminum air secara cukup, setidaknya 2 liter per hari dan sesuaikan dengan kepadatan aktivitasmu.

Tidak ngemil sama sekali

kesalahan-umum-diet-2

Terlalu sering ngemil memang bisa menyebabkan kegagalan pada diet yang sedang dijalani. Apalagi, ngemil kudapan yang kaya akan minyak dan kalori di dalamnya. Meskipun ngemil tidak disarankan, bukan berarti kamu berhenti melakukannya. Yang dilarang bukan ngemilnya, melainkan intensitasnya dan jenis kudapan yang dimakan. Snacking atau ngemil boleh dilakukan beberapa kali dalam sehari, dengan begini bisa sedikit mengontrol rasa lapar yang berlebihan. Usahakan untuk ngemil makanan yang sehat, hindari junk food atau fast food.

Menimbang berat badan setiap hari

kesalahan-umum-diet-3

Memang hal yang wajar sekali jika kamu selalu penasaran dengan progres diet yang sedang dijalani. Namun, terlalu sering menimbang berat badan setiap hari bisa menyebabkan frustasi dan berakhir kegagalan. Untuk itulah, kamu bisa menimbang berat badan seminggu sekali, nggak perlu setiap hari. Normalnya, bobot tubuh hanya turun 2-3 kg sama, jadi kamu harus puas dengan angka segitu. Belum lagi, tiba-tiba bobot naik setengah sampai 1 kg karena mungkin ngemilnya kelebihan, akan membuat tambah stress bukan? Jangan terlalu dibawa stress, jalani dengan santai yang penting tetap on track.

Banyak mengosumsi makanan ringan

kesalahan-umum-diet-4

Niat sebenarnya sih sangat bagus mengurangi konsumsi nasi untuk memangkas jumlah kalori berlebihan di dalam tubuh. Namun kebanyakan orang tanpa sadar mengganti nasi dengan mengosumsi berbagai makanan ringan. Memang terlihat sedikit jika kamu meletakkanya di dalam mangkuk kecil, namun jika frekuensinya sangat sering tentu saja hal ini malah akan membuat bobot tubuh jadi meningkat. Sepotong kue, sebungkus permen, mencicipi es krim, hmm… lebih baik diminimalisir ya.

Menargetkan tujuan yang tidak realistis

kesalahan-umum-diet-5

Memiliki niat yang kuat dan tekat yang bulat untuk berdiet merupakan hal yang sangat patut diapresiasi. Hal tersebut merupakan modal awal sebuah keberhasilan dalam berdiet. Selain itu usahakan untuk menargetkan tujuan diet yang realistis, contohnya saja dalam seminggu turun 2-3 kg saja. Jangan sampai, kamu menargetkan tujuan diet yang tidak realistis yang malah membuat frustasi jika tidak tercapai. Seringkali, terlalu tinggi tujuan malah berakibat pada kegagalan diet.

Itulah beberapa hal yang tanpa disadari sering kali menjadi pemicu gagalnya diet yang sedang dijalani. So, kamu-kamu yang saat ini sedang menjalani diet, catat baik-baik hal yang sudah dijelaskan di atas ya. Good luck!

Sumber: Dunia Fitnes, dokita

Comments

Loading...