OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Kegiatan Membakar Kalori Tanpa Harus Pergi ke Gym

Kegiatan membakar kalori menjadi pilihan terbaik bagi semua orang dalam menurunkan berat badan serta membentuk tubuh. Salah satu langkah paling tepat sebenarnya pergi ke kym karena semua gerakannya dapat dilakukan dengan bantuan alat-alat yang tepat.

Sayangnya, ada beberapa alasan mengapa seseorang sulit pergi ke sana mulai dari pekerjaan sampai keuangan, bagaimana menyikapi keadaan tersebut? Tenang, ada beberapa gerakan kalau kamu bisa rutin melakukannya hasilnya tidak jauh berbeda.

Hanya saja, kamu perlu melakukannya sesuai perhitungan yang sudah ditentukan oleh beberapa pakar kesehatan dan diet. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan? Coba lihat penjelasannya di bawah ini!

Lompat tali dan naik turun tangga

Kegiatan Membakar Kalori Tanpa Harus Pergi ke Gym
Sumber: kompas.com

Kegiatan membakar kalori pertama tanpa harus gym adalah melakukan lompat tali. Gerakan tersebut setidaknya dilakukan 20 x 4 set, dimana cocok untuk melatih bahu, kaki, lengan, serta beberapa anggota tubuh lainnya.

Agar merasa nyaman, silahkan melakukannya tanpa tali terlebih dulu. Jika, sudah terbiasa boleh menambahkannya. Poin penting yang perlu diketahui adalah tekuk bagian lengan, usahakan siku berada di samping begitu pula bagian tangan.

Selanjutnya, ayunkan pergelangan tangan untuk memutar tali tersebut, ketika hampir menyentuh lantai cobalah melompat. Harus diakui sedikit meletihkan, tetapi kalau rutin hasilnya cukup bagus terutama bagian kaki.

Baca juga: Tren Olahraga yang Akan Booming di Tahun 2022, Menurut Para Pakar

Kegiatan membakar kalori berikutnya adalah naik turun tangga. Melatih bagian kaki serta mampu mengurangi lemak yang tertumpuk di sekitar area paha. Agar lebih efektif lakukan 4 set, tergantung jumlah tangganya.

Jika, banyak cukup 1 kali naik turun. Bila sedikit tetapi, jarak satu dengan lainnya begitu tinggi, dapat dilakukan 2 kali. Bukan hanya bagian paha saja, ada pantat serta lemak perut akan berkurang. Jika sanggup, perhitungannya memakai waktu sekitar 2 menit naik, 1 menit istirahat.

Mendaki bukit

Kegiatan Membakar Kalori Tanpa Harus Pergi ke Gym
Sumber: portaljember.com

Kegiatan membakar kalori selanjutnya dapat dilakukan dengan mendaki bukit. Tidak perlu tinggi, cukup 1.000 mdpl saja, tetapi memiliki trek menyenangkan, bila ingin cepat bawa tas dengan menambahkan beban.

Bukit terkenal dengan trek menanjak, bebatuan terjal. Agar bisa sampai ke atas, diperlukan konsentrasi serta pijakan yang kuat. Kondisi ini akan melatih seluruh anggota tubuh, apalagi kalau ditambahkan beban dari tas, rasanya benar-benar luar biasa.

Suka dengan pola latihan seperti ini? Tidak perlu banyak, cukup 1 kali saja mendaki sebuah bukit, hanya saja usahakan setiap hari dengan intensitas serta pola yang berbeda. Dengan begini, pelatihan akan berhasil

Artinya seperti ini, hari ini mendaki bukit dengan tingkat kesulitan 10, besok, turun ke 9 hingga ke 5, lalu naik lagi ke 10 dan seterusnya. Dengan begini, pembakaran kalori dapat berjalan dengan baik, poin penting melakukan latihan ini bukan meningkatkan kemampuan tetapi, menurunkan berat badan.

Push up di luar ruangan

Kegiatan Membakar Kalori Tanpa Harus Pergi ke Gym

Kegiatan membakar kalori berikutnya adalah melakukan push up. Gerakan yang sebenarnya sudah sering dllakukan dan disarankan, hanya saja kali ini bukan di dalam rumah, melainkan luar. Bila perlu di pantai atau gunung.

Dengan menghirup udara segar, memberikan kekuatan tambahan sehingga, kamu bisa melakukannya sesuai target. Tidak perlu pergi ke tempat wisata cukup rutin setiap pagi sebelum matahari terbit.

Biasanya udara di jam segini masih segar, walau di kota besar pukul 4 sampa 5 kualitasnya masih cukup bagus. Jangan terlalu memaksa, cobalah 10 kali terlebih dulu, bila sudah enak rasanya menambahkan menjadi 20 kali sangat disarankan.

Ulangi sampa 4 set, bila memungkinkan tambahkan latihan pada sore hari. Gerakan push up melatih hampir semua otot terutama tangan serta bagian dada. Lakukan selama 30 hari dan cobalah lihat bagaimana hasilnya.

Kegiatan membakar kalori bisa dlakukan kapan dan dimana saja, tidak perlu datang ke gym. Berbagai gerakan diatas sudah mampu menurunkan hingga membentuk tubuh kamu asalkan rutin setiap hari.

Must Read

Related Articles