OUR NETWORK

Inilah Penyebab Jerawat di Daerah Payudara yang Harus Kamu Ketahui

Inilah Penyebab Jerawat di Daerah Payudara yang Harus Kamu Ketahui
Foto: healthline.com

Jerawat memang masalah yang paling bikin pusing buat kamu hawa ya, Ladies? Selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di beberapa titik, di punggung, leher, atau di mana pun — dan yang paling menyebalkan, jerawat ini biasanya bermunculan pada waktu yang tidak tepat. Satu lagi tempat aneh yang mungkin kalau kamu perhatikan kamu akan mendapati beberapa jerawat muncul di sana. Yep! Daerah payudara. Duh! kesel, kan?

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Selain mengganggu penampilan, jerawat payudara ini juga menimbulkan sensasi peradangan yang sakit di tempat yang cukup tersembunyi. Jerawat payudara muncul di tempat yang tidak biasa, tetapi sebenarnya tidak ada bedanya dengan jerawat yang kamu temukan di wajah atau di area dada (chestne).

Kenapa sih jerawat bisa muncul di daerah payudara? Berikut ini ada lima penyebab mengapa daerah payudara kamu rentan ditumbuhi jerawat yang menjengkelkan.

1. Ukuran Payudara yang Besar

Menurut Livestrong, “wanita dengan payudara besar lebih rentan terhadap jerawat payudara daripada wanita dengan payudara kecil,”. Hal ini dikarenakan semakin besar payudara, semakin besar peluang untuk lecet dan gesekan kain atau akumulasi keringat juga akan semakin meningkat. Kalau ukuran payudara Ladies memang besar, Ladies tidak perlu khawatir, kok. Selalu ada cara untuk mencegah si kecil yang menjengkelkan ini mengganggu. Pastikan kamu selalu mengenakan bra yang bersih dan dengan ukuran yang sesuai. Semakin sedikit gesekan yang tidak nyaman, semakin kecil peluang jerawat muncul.

2. Terlalu Banyak Olahraga

Meskipun berolahraga adalah kegiatan yang sangat baik untuk kesegaran dan kebugaran tubuhmu, namun keringat berlebih di dada ditambah bra olahraga yang ketat adalah tempat berkembang biak yang sempurna bagi kelenjar sebaceous untuk melakukan overdrive.  Hal ini akan membuat jerawat payudara mudah muncul.

Mengurangi olahraga bukanlah solusi yang tepat untuk meminimalkan kemungkinan munculnya jerawat payudara. Tetapi, kamu bisa mengatasinya dengan secepatnya melepaskan bra olahraga setelah selesai berolahraga dan gunakan pembersih jerawat yang lembut segera setelah kamu selesai berkeringat.

Perlu Ladies perhatikan bahwa kulit di area payudara lebih sensitif daripada kulit di wajah. Pembersih jerawat normal yang kamu miliki mungkin terlalu keras untuk kamu aplikasikan di area payudara. Gunakan pembersih yang lembut dan non-komedogenik untuk mengatasinya.

3. Terkena Rambut

Penyebab lain yang tak terduga dari jerawat payudara adalah  rambut kamu. Jika kamu secara sengaja maupun tidak sengaja mengibas rambut panjangmu sampai ke daerah payudara kamu bisa tanpa sadar memindahkan minyak atau penumpukan produk ke area payudara. Hal inilah yang kemudian membuat jerawat payudara bermunculan. Ada baiknya untuk menjauhkan helaian rambut dari area payudaramu sebisa mungkin.

4. Iritasi karena Salah Produk

Produk apa pun yang kamu gunakan di dada dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan berjerawat. Ini termasuk semuanya, mulai dari tabir surya, pelembab tubuh, hingga makeup tubuh. Semakin banyak kamu mengemas produk, semakin besar kemungkinan jerawat di payudara muncul. Pastikan untuk menggunakan produk non-komedogenik bebas minyak sehingga kamu tidak akan mengaplikasikan sesuatu yang dapat menyumbat pori-pori.

5. Terlalu Berkeringat

Saat suhu memanas, kamu mungkin menemukan dirimu berhadapan dengan keringat yang benar-benar dapat menyebabkan jerawat payudara keluar. Pastikan untuk tidur dengan kain yang memungkinkan kulit untuk bernapas, dan cuci seprai serta bantal secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran dari keringat malam.

Baca juga: Deretan Aktris Ini adalah Survivor Kanker Payudara

Pada dasarnya, apa pun yang menyebabkan jerawat di wajah dapat pula menyebabkan jerawat pada payudara kamu, Ladies. Mmulai dari perubahan hormon, obat-obatan, hingga stres berlebihan serta genetika dapat menyebabkan daerah payudaramu rentan dengan jerawat. Jadi, kamu perlu meminimalisasi berbagai penyebabnya dan mengatasinya secara tepat dengan produk anti jerawat yang sesuai ya, Ladies. Jika jewarat di payudaramu masih membandel dan hampir membuatmu kewalahan, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

 

Sumber: hellogiggles

Comments

Loading...