OUR NETWORK

Inilah Dampak Polusi Pada Kulit Kita, Ladies!

Inilah Dampak Polusi Pada Kulit Kita, Ladies!

Kulit adalah bagian penting untuk tubuh kita. Terutama para wanita yang biasanya selalu lebih menjaga dan merawat kulitnya dibandingkan dengan kaum pria. Namun, tahukah Ladies betapa pentingnya menjaga dan merawat kesehatan kulit? Apakah kamu juga mengetahui jika pada saat ini udara dan polusi yang berada di sekitar kita dapat mengakibatkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan kulit kita? Terutama di bagian wajah yang merupakan bagian yang sangat penting untuk penampilan kamu. Inilah beberapa dampak polusi pada kulit kita, di antaranya…

1. Kerusakan Kulit

Polusi udara yang tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan juga penuaan dini lho, karena kulit merupakan organ utama yang dapat melindungi tubuh dari sinar matahari, bahan kimi dan juga kuman, maka polusi yang tidak sehat akan mengakibatkan kulit menjadi iritasi, kusam bahkan beresiko terkena kanker kulit yang lebih besar.

2. Timbulnya Jerawat

Polusi dan debu juga yang menempel pada kulit wajah juga cenderung membuat kulit anda berjerawat. Terlebih lagi jika kulit wajahmu adalah jenis yang berminyak, Ladies. Cobalah untuk mencuci muka secara teratur 2 kali sehari.

3. Penuaan Dini

Kulit yang tidak terjaga dan selalu terpapar polusi serta sinar mataharti langsung juga dapat menyebabkan kulit anda menjadi kusam dan timbul keriput yang mengakibatkan penuaaan dini.

Maka untuk kamu khususnya para wanita yang tidak menjaga kesehatan kulit atau jarang mencuci muka yang rutin usahakan untuk lebih menjaga kulitmu, Ladies. Karena kulit merupakan penampilan yang paling utama untuk dilihat oleh orang lain. Polusi juga bukan hanya berasal dari luar rumah lho, Ladies, tapi polusi juga berasal dari zat lain seperti paparan zat asap rokok, atau debu yang menempel di dinding atau lantai rumah. Kamu para Ladies yang sering lupa atau malas membersihkan makeup di wajah harus mengubah kebiasaan ini loh. MeraMuda udah sering mengingatkan kalau sisa makeup yang nggak dibersihkan bisa memberikan dampak negatif untuk kulit wajahmu. Karena dapat mengakibatkan muka berjerawat, kusam dan rusak. Hiiiy…

Inilah Dampak Polusi Pada Kulit Kita, Ladies!
Foto: solusicantiksehat.com

So, ini dia beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari bahaya polusi yang dapat merusak kulit kita ya Ladies, di antaranya:

  1. Rajin membersihkan kulit secara teratur dan gunakan sabun cuci muka untuk membersihkannya. Hindari menggunakan sabun mandi atau yang lainnya ya Ladies karena sabun mandi mengandung pH yang berbeda dan dapat membuat kulit terlihat lebih kering.
  2. Hindari rokok dan asapnya ya, Ladies, karena rokok dapat menyebabkan kulit menjadi keriput, terlihat lesu dan kelopak mata menjadi kendur.
  3. Gunakan krim yang mengandung tabir surya, seperti body lotion atau sunblock jika kamu keluar rumah atau berlibur ke pantai. Karena paparan sinar matahari secara langsung juga dapat menyebabkan kulit kamu menjadi kering, kusam dan juga terlihat lebih gelap.
  4. Cukupi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan makanan berserat lainnya. Karena makanan berserat mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit atau molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti: anggur merah, teh, kiwi, brokoli, tomat, mangga, jeruk, wortel, serta sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan asparagus.
  5. Dan untuk kamu para wanita jangan lupa untuk langsung membersihkan make up di wajah dan jangan mendiamkannya berlama-lama karena make up mengandung zat yang tidak aman untuk kulit serta dapat mengakibatkan menumpuknya kotoran pada wajah yang akan berdampak pada timbulnya jerawat. Bersihkanlah wajah kamu menggunakan makeup remover yang sesuai. Lalu lanjutkan dengan sabun muka yang cocok dan sesuai dengan wajah kulitmu. Serta pilih juga make up yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu yang aman dan tidak mengandung merkuri ya, Ladies!

Polusi memang tidak akan dapat kamu hindari sepenuhnya karena selalu ada di mana-mana, tapi setidaknya jika kita selalu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit maka akan terhindar dari dampak buruknya polusi, jadi lindungi selalu kulit kamu ya, Ladies!

 

Foto cover: Financial Tribune

Comments

Loading...