OUR NETWORK

Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Perawatan Vajacial

Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Perawatan Vajacial
Foto: beautytap.com

Banyak perempuan yang masih malu membicarakan perihal vagina mereka. Padahal, hal ini penting, mengingat kesehatan organ vital dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagaimana halnya bagian tubuh lain, vagina juga memerlukan perhatian serta perawatan khusus yang dilakukan secara rutin. Salah satunya yang kini mulai gemar dilakukan ialah perawatan vajacial.

Pendiri VSpot Medi Spa, Cindy Barshop, mengatakan, ada dua tipe perawatan Vajacial yang berbeda. Sebagaimana facial lainnya, perbedaannya ada pada ekstraksi dan tanpa ekstraksi. Mengingat, perawatan ini dilakukan untuk meningkatkan penampilan terluar vagina, prosesnya pun terbagi menjadi tiga, yakni eksfoliasi, steaming, dan hidrasi.

Baca juga: 5 Penyakit Ini Seringkali Jadi Pemicu Timbulnya Keputihan Pada Wanita

“Pertama, kita melakukan pembersihan dengan eksfoliasi almond untuk menghilangkan kulit mati, kemudian melakukan V-steam, yakni steaming area terluar dengan rempah-rempah yang dapat melembutkan kulit untuk persiapan ekstraksi. Semua ini bertujuan untuk membantu mencegah serta menghilangkan bulu yang tumbuh ke dalam. Setelah ekstraksi selesai, area tersebut dibersihkan dan diberikan sinar lampu biru yang ditempatkan di ruangan untuk membantu menghilangkan bakteri. Setelah itu beralih ke lampu merah untuk membantu meningkatkan aliran darah dan penyembuhan,” jelasnya.

Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Perawatan Vajacial
Foto: abc.net.au

Mengingat prosesnya melibatkan tiga langkah tersebut, Barshop mengingatkan bahwa perawatan vajacial tidak disarankan dilakukan terlalu sering.

Frekuensinya disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Senada dengan Barshop, OB/GYN di Maryland, Karyn White, juga menyatakan bahwa kamu perlu menghitung dengan cermat jarak perawatan vajacial yang kamu lakukan. White menyarankan untuk melakukan vajacial tidak lebih dari sekali setiap tiga hingga enam bulan.

“Vajacial yang dilakukan terlalu sering dapat mengganggu kulit, terutama pada vulva,” ujarnya. White menambahkan, di sela-sela perawatan vajacial, kamu perlu menjauhkan diri dari metode hair removal karena hal ini dapat merusak kulit.

Baca juga: Apakah Vaginal Douching Aman dan Efektif Untuk Membersihkan Vagina?

Sebelum melakukan perawatan Vajacial, terdapat beberapa hal yang menurut Barshop perlu diperhatikan, khususnya kebersihan tempat di mana kamu akan melakukan perawatan. “Kamu perlu mencari tempat yang higienis. Pastikan para ahli estetika yang terlibat menggunakan tindakan pencegahan keamanan seperti menggunakan sarung rangan dan praktik disinfektan yang tepat, serta lakukan perawatan ini khusus di tempat perawatan intim,” jelasnya.

Pasalnya, kamu akan bersentuhan dengan organ intimmu, yang merupakan area paling sensitif dalam tubuhmu dan memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh perempuan. Oleh karena itu, bagi Barshop, ketika akan melakukan perawatan ini, satu-satunya hal yang perlu kamu khawatirkan ialah risiko kotoran, sehingga kebersihan tempat perawatan tersebut sangat penting.

So, buat kamu yang ingin mencoba perawatan ini, jangan lupa untuk mengamati dahulu tempat yang kamu tuju, ya. Apakah telah memenuhi ketiga hal penting menurut Barshop pada ulasan di atas dan terjamin kebersihannya atau belum? Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan setelah perawatan. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: Hello Giggles

Comments

Loading...