OUR NETWORK

Hal-Hal Tak Terduga Penyebab Sakit Kepala, Tidak Hanya Karena Penyakit Semata

Hal-Hal Tak Terduga Penyebab Sakit Kepala, Tidak Hanya Karena Penyakit Semata
Foto: healthline.com

Saat bersantai-santai, menonton drama atau sekadar rebahan saja saat akan berdiri atau mulai beraktivitas tiba-tiba saja merasakan sakit kepala. Tidak hanya satu atau dua orang saja yang mengalaminya, banyak. Bahkan menurut prevention.com, lebih dari 28 juta wanita mengalami sakit kepala atau migrain secara tiba-tiba. Penyebab biasa sakit kepala ini bisa karena minum alkohol sebelumnya atau tekanan darah rendah.

Tapi ternyata selain penyebab umum itu, banyak sekali hal-hal tidak terduga yang mungkin tidak akan kamu sangka sebagai jalan untuk sakit kepala. Berikut ini ada beberapa penyebab tidak terduga sakit kepala lengkap dengan cara mengatasinya.

Akhir Pekan atau Hari Libur

Hal-Hal Tak Terduga Penyebab Sakit Kepala, Tidak Hanya Karena Penyakit Semata
Foto: bewellmedical.ca

Bukannya hari libur merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu para pekerja? Memang benar adanya, karena itulah banyak dari kita yang menghabiskan akhir pekan atau hari libur dengan rebahan atau tidur seharian suntuk. Artinya, kamu melewatkan konsumsi kafein yang biasanya dimakan untuk membuat mata tetap terjaga. Dan sedikit kekurangan ini akan menyebabkan mini-migraine.

Cara mengatasinya, Seymour Diamond, MD, ketua eksekutif National Headache Foundation menyarankan untuk bangun di waktu seperti biasanya. Ini memang cara terbaik untuk menjaga ritme sistem sirkadian supaya tetap konsisten. Dan jika ingin tetap tidur, upayakan untuk tidak lebih dari 1 jam.

Layar Komputer atau Smartphone

Hal-Hal Tak Terduga Penyebab Sakit Kepala, Tidak Hanya Karena Penyakit Semata
Foto: keckmedicine.org

Menatap layar sepanjang hari, baik itu laptop atau smartphone menyebabkan ketegangan di mata, kata Dr. Diamond. Ditambah dengan variasi pencahayaan dan keterangan layar bisa mengaktifkan retina dan juga saraf di belakang mata. Dan ini hal yang menyebabkan munculnya sakit kepala. Hal lainnya adalah postur yang kurang tepat.

Cara mengatasinya, jika pekerjaanmu memang memaksa untuk terus menerus menatap layar komputer, usahakan untuk rehat sejenak selama 10 menit per jamnya. Jalan-jalan dan ngobrol dengan rekan kerja atau sekadar tidur siang sebentar. Jika merasa sakit kepala tidak kunjung hilang, coba pasang anti-glare shield atau pelindung anti silau di layar komputer. Duduklah secara tegak, ratakan posisi punggung, dan perut.

Hubungan dengan Orang Terdekat

Hal-Hal Tak Terduga Penyebab Sakit Kepala, Tidak Hanya Karena Penyakit Semata
Foto: life1019.com

Disadari atau tidak, hubungan dengan orang terdekat memengaruhi kondisi tubuh juga. Baik itu sedang ada masalah dengan boss atau pertengkaran dengan pacar atau suami, hal-hal tersebut bisa memicu munculnya sakit kepala. Stres yang terjadi akan membuatmu mengambil nafas yang lebih pendek, papar Nicole Glassman, pemilik Mindful Health, pusat kesehatan holistik di New York. Semakin sedikit oksigen yang masuk, akan banyak pembuluh darah yang mengalami pengerutan dan ini menyebabkan sakit kepala.

Cara menanganinya, tarik nafas selama empat hitungan dan tahan selama 5-7 detik, lalu buang nafas. Ulangi beberapa kali sampai sakit kepala mereda.

Keju Mahal

Hal-Hal Tak Terduga Penyebab Sakit Kepala, Tidak Hanya Karena Penyakit Semata
Foto: sheppartonfestival.org

Keju yang mahal seperti halnya extra old bitro memerlukan waktu sekitar 10 tahun dalam proses pembuatannya. Namun Ladies, kabar buruknya adalah makanan yang diproses dalam jangka waktu yang lama, diasap, dikeringkan, dan diasinkan cenderung memiliki sulfit yang bisa melebarkan pembuluh dan menjadi penyebab sakit kepala, papat Alexander Mauskop, MD, director New York Headache Center. Anggur yang diproses tahunan juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Baca juga: Picu Sakit Kepala, Hindari 5 Kebiasaan Ini

Cara mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh hal ini adalah catat makanan apa saja yang setelah memakannya merasa sakit kepala. Jadi, jika sudah begini, kamu bisa menghindarinya. Jika tidak bisa menghindarinya, setidaknya makan dalam jumlah yang kecil.

Ada beberapa hal lainnya, misalnya saja liburan di pantai dengan cahaya yang terlalu banyak, hair styling, serta aroma-aroma yang menyengat seperti bahan bakar. Jadi, jika sudah mengetahui penyebabnya, bisa dilakukan pencegahan ya.

Sumber: Prevention

Comments

Loading...