OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Lakukan Gerakan Olahraga Ini untuk Jaga Kesehatan Punggung dan Tulang Belakang

Ladies, apakah kamu sering duduk di depan laptop atau berjalan dengan posisi membungkuk? Jika ya, usahakan untuk segera membuang jauh-jauh kebiasaan ini, ya. Pasalnya, lama kelamaan kebiasaan ini dapat merusak struktur punggung dan tulang belakangmu, loh! Karena kedua hal ini termasuk bagian tubuh yang sangat penting, yuk lakukan beberapa olahraga ini untuk menjaga punggung dan tulang belakang kesayanganmu tetap sehat.

Gerakan Melengkungkan Punggung

Langkah pertama ambil posisi telungkup dengan perut di bawah dan tangan di kedua sisi. Kemudian, angkat dada dan kepala dari lantai. Tahan posisi tersebut selama sepuluh detik, setelah itu turunkan lagi. Pastikan kamu tidak memaksakannya hingga melukai punggung dan tulang belakang ya.

Peregangan Tulang Punggung ke Depan

Gerakan ini dilakukan dengan posisi duduk dan kedua kaki lurus serta dilebarkan di depanmu. Pastikan lebarnya sejajar dengan bahumu, ya. Kemudian, angkat tangan, posisikan lurus ke depan. Lalu, sedikit demi sedikit gerakkan tubuhmu menjangkau ke depan sambil meletakkan dagu di dada.

Lakukan Gerakan Olahraga Ini untuk Jaga Kesehatan Punggung dan Tulang Belakang
Gerakan angkat kaki dan lengan berlawanan (Sumber: freepik.com)

Gerakan Angkat Kaki dan Lengan secara Berlawanan

Gerakan yang satu ini dapat membantu Ladies memperkuat beberapa area tubuh. Mulailah dengan posisi telungkup. Pastikan perutmu menyentuh lantai. Gerakan pertama, angkat lengan dan kaki yang berlawanan secara perlahan. Tahan selama 10 detik, kemudian turunkan. Lakukan hal yang sama pada lengan dan kaki berlawanan lainnya. Ulangi gerakan ini sebanyak sepuluh kali berturut-turut, kemudian berlutut dan lakukan yang sama dari posisi barumu

Baca juga: Ringankan Nyeri Punggung dengan Gerakan Yoga Ini

Pose Yoga Cat Curl

Cat Curl, salah satu posisi yoga yang dapat menenangkan sekaligus menjadi gerakan yang instens untuk tubuhmu. Untuk melakukan cat curl, mulailah dengan posisi tangan dan lutut menyentuh lantai seperti kucing. Kemudian lengkungkan punggung ke luar sambil mendorong hidung ke arah panggul. Lalu, lakukan lengkungan ke arah sebaliknya sambil mengangkat kepala. Ulangi gerakan ini secukupnya.

Pelvic Tilt

Gerakan ini akan memperkuat area glutes serta punggung bawahmu. Untuk melakukannya, mulailah dengan posisi telentang dan lutut ditekuk serta lengan di kedua sisimu. Kemudian, angkat panggul ke atas sambil membuat punggung berposisi miring. Lalu, turunkan kembali. Ulangi gerakan ini secukupnya.

Tak perlu setiap hari, lakukan gerakan-gerakan ini beberapa hari dalam seminggu. Bisa juga dengan memasukkan gerakan-gerakan ini pada rutinitas olahragamu untuk menghindarkan diri dari postur tubuh bungkuk.

 

Sumber: All Women’s Talk

Must Read

Related Articles