OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Ear Irrigation: Beginilah Cara Membersihkan Telinga dengan Benar Tanpa Korek Kuping

Apakah Ladies membersihkan telingamu dengan korek kuping, Ladies? Dan apakah Ladies mengetahui bahwa membersihkan telinga degan korek kuping itu berbahaya? Yup, membersihkan telinga dengan korek kuping hanya akan meningkatkan risiko infeksi di telinga loh, Ladies. Alih-alih menggunakan korek kuping, Ladies bisa membersihkannya dengan air alias ear irrigation.

Air berfungsi sebagai sumber daya yang cukup kuat untuk membersihkan telinga, selama Ladies menggunakannya dengan benar. Aliran air merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan benda asing atau penumpukan kotoran di telinga.

Baca juga: Hindari Membersihkan 6 Bagian Tubuh Ini Terlalu Sering

Lalu bagaimanakah proses irigasi telinga ini? Mari simak prosedur ear irrigation menurut James Hubbard, penulis The Survival Doctor’s Complete Handbook.

  1. Ladies bisa mempersiapkan telinga dengan meneteskan beberapa tetes minyak zaitun setidaknya dua hingga tiga minggu sebelum melakukan pembersihan telinga setiap hari sebanyak dua kali. Cara ini akan membuat kotoran di telingamu menjadi lebih lunak dan mudah dibersihkan.

    Ear Irrigation: Beginilah Cara Membersihkan Telinga dengan Benar Tanpa Korek Kuping
    Foto: birthsupplies
  1. Siapkan air hangat dan bulb syringe. Jangan menggunakan air panas atau terlalu dingin ya Ladies. Menggunakan air yang terlalu panas atau dingin dapat merangsang saraf pendengaran—yang juga mengontrol keseimbangan tubuhmu—dan menyebabkan pusing. Tambahkan beberapa tetes hidrogen peroksida untuk keperluan rumah tangga jika Ladies mau.
  2. Isi bulb syringe dengan air dalam mangkuk.
  3. Simpan handuk di pundak di bawah telinga yang hendak kamu bersihkan.
  4. Dengan lengan yang berkebalikan dengan telinga (misalnya, lengan kiri jika Ladies mengairi telinga kanan), raih bagian belakang kepala, pegang telinga, dan tarik ke belakang dan sedikit ke atas.
  5. Dengan tangan yang sejajar dengan telinga, peras bulb syringe dengan lembut dan stabil ke dalam saluran telinga.
  6. Hentikan setelah gumpalan kotoran telinga keluar. Hentikan jika aliran air tidak berhasil dalam waktu sekitar lima menit atau jika Ladies merasa sakit atau pusing. Ladies dapat mencoba lagi dalam beberapa jam sebab kemungkinan kotoran telingamu sudah mulai melembut dan mudah disingkirkan.
  7. Setelah selesai, Ladies dapat meneteskan alkohol di telinga untuk membantu mengeringkan kelebihan air.

Mudah kan Ladies? Cara ini pun relatif aman loh. Namun jika Ladies merasa pusing saat mempraktikannya, Ladies dapat menghentikan prosedur pembersihan kuping dengan segera. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles