OUR NETWORK

Demi Kesehatan, Sebaiknya Jangan Pinjamkan 5 Benda Ini

Demi Kesehatan, Sebaiknya Jangan Pinjamkan 5 Benda Ini

Lazim bagi kita untuk berbagi makanan atau meminjamkan barang ke keluarga dekat atau sahabat karib. Tapi Ladies, tak semua barang yang kita gunakan bisa dibagi. Ada barang-barang tertentu yang hanya boleh Ladies gunakan sendiri saja. Bukan berarti pelit, namun untuk kebaikan bersama dan demi kesehatan, lebih baik Ladies jangan pinjamkan 5 barang berikut ini!

1. Sikat Gigi

Demi Kesehatan, Sebaiknya Jangan Pinjamkan 5 Benda Ini
Foto: okezone.com

This one’s pretty obvious. Barang pertama yang tak seharusnya dibagi dengan orang lain adalah sikat gigi. Sikat gigi berfungsi membersihkan mulut, gigi, dan gusi dari sisa makanan. Oleh sebab itu, sikat gigi rentan terkontaminasi berbagai mokiroorganisme, air liur, bakteri, bahkan darah yang mungkin keluar dari gusi. Untuk menjaga kebersihannya, membersihkan sikat gigi setelah digunakan sangatlah penting. Bukan hanya itu, untuk kebaikan bersama sebaiknya Ladies tak berbagi sikat gigi walau dengan orang terdekat. Ingat, beberapa penyakit seperti TBC, hepatitis B, dan herpes bisa menular melalui air liur.

2. Handuk

Demi Kesehatan, Sebaiknya Jangan Pinjamkan 5 Benda Ini
Foto: dream.co.id

Selain sikat gigi, perlengkapan mandi lainnya yang tak boleh dibagi dengan orang lain adalah handuk. Handuk membantu mengeringkan badan dari sisa air yang menempel pada tubuh setelah kita mandi. Oleh sebab itu, handuk berpotensi tinggi membawa jamur, bakteri, atau kuman lainnya yang berasal dari penderita jamur lalu kemudian akan ditularkan pada pihak lain yang menggunakan handuk yang sama. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention, berbagai infeksi dan penyakit bisa ditularkan akibat berbagi handuk yang sama. Mulai dari penyakit ringan seperti infeksi mata, panu, kutu air, hingga gonore bisa ditularkan karena berbagi handuk.

3. Pisau Cukur

Demi Kesehatan, Sebaiknya Jangan Pinjamkan 5 Benda Ini
Foto: cerita.picmix.it

Bukan hanya sikat gigi dan handuk, pisau cukur pun tak seharusnya digunakan oleh lebih dari satu orang. Biasakanlah menggunakan pisau cukur untuk kepentingan diri sendiri. Beberapa orang mungkin berpikir hal ini tak berbahaya sebab hanya digunakan di permukaan kulit saja. Namun Ladies, tahukah kamu bahwa berbagi pisau cukur juga berisiko membawa atau menularkan penyakit? Saat menggunakan pisau cukur, tak menutup kemungkinan terjadi goresan yang menimbulkan luka dan berakibat berdarah. Menurut Women’s Health Magazine, yang mungkin telah Ladies ketahui juga, beberapa penyakit seperti hepatitis B dan C bahkan HIV bisa ditularkan melalui darah.

4. Pakaian Dalam

Demi Kesehatan, Sebaiknya Jangan Pinjamkan 5 Benda Ini
Foto: bydeals.net

Bagi kita, khususnya kaum hawa, pakaian dalam adalah hal paling pribadi yang bahkan tak dibagi dengan pasangan. Itu merupakan keputusan yang bijak ya, Ladies! Tanamkan sejak dini bahwa pakaian dalam tak boleh dibagi atau dipinjamkan pada orang lain, bahkan pada kakak sendiri. Pakaian dalam berfungsi untuk melindungi organ intim dan tentunya melekat pada kulit. Berbagi pakaian dalam dapat meningkatkan risiko terjadi penularan penyakit kulit, jamur, dan bakteri lainnya yang berakibat buruk bagi kesehatan. Tentunya, Ladies tak mau bukan jika sampai tertular penyakit kulit berbahaya akibat berbagi pakaian dalam?

Comments

Loading...