OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Daftar Lengkap Kosakata di Sunscreen Beserta Pengertiannya (Part 2)

Sunscreen masuk dalam skincare yang harus kamu pakai setiap hari jika kamu ingin terlindung dari sinar matahari, Ladies. Sebelumnya kita sudah bahas ya beberapa kosakata dan klaim asing di produk sunscreen yang mesti kamu tahu. Nah, sekarang kita simak yuk rangkuman kosakata sunscreen part 2 di bawah ini, Ladies.

1. Chemical sunscreen

Sunscreen dengan klaim ini mengandung komponen organik yang dapat melindungi kulit dengan cara menyerap sinar UV yang datang. Menurut Ron Robinson, pendiri Beautystat Cosmetics, bahan aktif kimia yang tersebut seperti oxybenzone, avobenzone, dan octisalate. Bahan aktif tadi akan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas yang kemudian di lepas ke kulit. Karena itu chemical sunscreen biasanya lebih mudah diaplikasikan, lebih tipis, dan jarang menyebabkan white cast atau efek putih di wajah.

2. Mineral atau physical sunscreen

Daftar Lengkap Kosakata di Sunscreen Beserta Pengertiannya (Part 2)
Foto: pexels.com

Mineral sunscreen berarti sunscreen tersebut mengandung mineral seperti titanium dioxide atau zinc oxide. Keduanya dapat menghalangi dan memantulkan kembali sinar UVA dan UVB. jika kamu punya kulit sensitif, mineral sunscreen lebih direkomendasikan karena jarang menyebabkan iritasi seperti chemical sunscreen.

3. Clear zinc atau sheer zinc

Zinc oxide yang biasanya digunakan pada mineral sunscreen karena berbagai manfaatnya seperti perlindungan spektrum yang luas, water resistant, dan punya sifat anti bakteri, juga punya kekurangan tersendiri. Komponen satu ini cenderung memiliki tekstur yang tebal, susah diaplikasikan dan berwarna putih. Karena teknologi mikronisasi, sunscreen dengan zinc oxide lebih mudah dipakai. Clear atau sheer zinc juga lebih bagus untuk kulit dengan melanin tinggi. 

4. Clean

Kata clean biasanya dipakai pada mineral sunscreen karena cara kerjanya yakni menghalau sinar UV dengan cara memblok sinar UV, tidak seperti chemical sunscreen yang komponennya menyerap sinar UV lalu disebar sebagai panas di kulit. Sayangnya berdasarkan studi 2016, bahan aktif pada mineral sunscreen yaitu zinc oxide dan titanium dioxide juga terserap oleh tubuh. Jadi, kamu tidak bisa langsung percaya nih kalau ada klaim clean  pada produk sunscreen.

Baca juga: Benzena, Bahan Karsinogen yang Terdapat pada Sunscreen

5. Natural

Daftar Lengkap Kosakata di Sunscreen Beserta Pengertiannya (Part 2)
Foto: pexels.com

Klaim natural pada produk skincare belum ada regulasinya, Ladies. Karena itu tidak ada standar dan produk skincare bisa saja menaruh kata natural walaupun ada bahan sintetik di dalamnya. Karena itu kamu jangan terkecoh dengan kata natural dan lakukan riset kamu sendiri sebelum mencoba produk skincare dengan klaim tersebut.

6. Non-Comedogenic

Jika kamu mempunyai wajah yang mudah jerawatan atau acne-prone, kemungkinan besar kamu akan mencari kata non-komedogenik pada kemasan sunscreen kamu. Sayangnya menurut Krupa Koestline dari KKT Consultants, kebanyakan produk mengklaim non-comedogenic hanya dari komposisi bahan dan tidak melakukan testing terlebih dahulu. Jadi, kamu mesti riset juga dulu nih untuk klaim non-comedogenic.

Nambah pengetahuan baru kan di dunia per-sunscreen-an. Kita juga ada part 1 lho untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak kosakata dan klaim di produk sunscreen. Langsung di cek aja ya, Ladies!

 

Sumber: Bustle

Must Read

Related Articles