OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Cara Menghentikan Kebiasaan Menjilat dan Menggigit Bibir Sendiri Menurut Ahli

Banyak kebiasaan yang terjadi akibat faktor alam bawah sadar, salah satunya seperti kebiasaan menjilat dan menggigit bibir ini, Ladies. Dua kebiasaan tersebut dalam jangka pendek tidak memberi dampak besar, hanya sedikit bengkak dan kulit menjadi memerah. Namun jika dibiarkan, bibir kamu akan semakin rusak dan dapat menyebabkan infeksi. Karena itu kamu perlu mengatur kebiasaan ini dan menghentikannya segera. Menghentikan kebiasaan menggigit atau menjilat bibir tidak bisa langsung cepat selesai. Cek tips berikut ya untuk menghentikan kebiasaan tersebut, Ladies!

1. Pelajari apa yang memicu kebiasaan tersebut

Langkah pertama yakni dengan membuat pasien sadar akan kebiasaan mereka tersebut dan ingin dibantu. Jika tidak ingin dibantu, tentu akan sulit ya, Ladies. Setelah itu, fokus untuk mempelajari modifikasi perilaku yang diperlukan lewat training dan teknik relaksasi.

2. Gunakan teknik terapi kognitif untuk mengatur kebiasaan tersebut

Cara Menghentikan Kebiasaan Menjilat dan Menggigit Bibir Sendiri Menurut Ahli
Foto: pexels.com

Teknik terapi kognitif dapat dilakukan oleh tenaga profesional kesehatan mental. Teknik seperti mindfulness training dan acceptance, commitment therapy adalah beberapa teknik yang sering disarankan ke pasien. Dalam latihan teknik tersebut, pasien akan mengidentifikasi emosi yang menjadi pemicu dari kebiasaan mereka tersebut dan belajar untuk mengendalikan saat pemicu terjadi. 

Nantinya individu tersebut dapat menerima keinginan ingin menjilat atau menggigit bibir tanpa mengikuti keinginan tersebut. Mereka akan menerima dan membiarkan keinginan tersebut pergi.  

3. Siap sedia krim topik dari dermatologist

Cara Menghentikan Kebiasaan Menjilat dan Menggigit Bibir Sendiri Menurut Ahli
Foto: pexels.com

Sembari melakukan terapi untuk mengubah kebiasaan, sebaiknya kamu juga melakukan pengobatan terhadap bibir kamu menggunakan krim khusus bibir. Krim topik ini dapat diberikan oleh dokter sesuai dengan tingkat keparahan bibir yang terjadi. Menurut Roy Seidenberg, dermatologist dari New York, krim yang biasa diresepkan yakni Vaseline dan krim kortison jika terjadi penebalan kulit. Keduanya dapat membantu kulit bibir pulih dan menurunkan keinginan menjilat bibir karena rasa berminyak yang diberikan.

4. Lakukan skincare secara rutin

Seidenberg mengatakan bahwa menjilat bibir terus-menerus dapat membuat kulit bibir kering serta memicu eczema akibat iritasi. Jika kamu mengalami hal ini, hindari produk yang mengandung iritan seperti surfaktan dan parfum. Jadi pindah ke produk yang lebih ringan ya, Ladies. Selain itu gunakan moisturizer secara teratur untuk menjaga kelembapan kulit.

Selalu konsisten ya dan perlahan-lahan kebiasaan tersebut akan menghilang, Ladies. Selamat mencoba!

 

Sumber: Allure

Must Read

Related Articles