OUR NETWORK

Cara Mengetahui Apakah Kamu Demam Saat Tidak Ada Termometer

Cara Mengetahui Apakah Kamu Demam Saat Tidak Ada Termometer
Foto: unsplash.com

Demam adalah gejala utama yang timbul pada tubuh saat sedang melawan infeksi. Karena itu ladies jika kamu demam disarankan untuk istirahat, minum banyak air, serta makan makanan bergizi. Tapi sebelum itu, apakah kamu masih ragu-ragu lagi demam atau tidak? Nggak punya termometer untuk ngecek suhu tubuh? Coba cara berikut nih, Ladies, untuk cek suhu tubuh kamu tanpa termometer. Yuk, scroll ke bawah ya. 

1. Gunakan bagian punggung tangan, bukan bagian telapak

Cara Mengetahui Apakah Kamu Demam Saat Tidak Ada Termometer
Foto: unsplash.com

Cara paling umum untuk mengecek suhu tubuh secara langsung adalah dengan menaruh punggung tangan di dahi atau bagian leher. Cek apakah lebih hangat dari biasanya. Jangan gunakan telapak tangan Ladies karena punggung tangan lebih sensitif akan perbedaan suhu dibanding telapak.

2. Lihat bagian pipi

Jika seseorang sedang mengalami demam, warna kulit mereka akan menjadi kemerahan. Terutama bagian pipi. Demam bisa menyebabkan pipi menjadi lebih merah dari biasanya. Kamu bisa meringankan gejala ini dengan kompres handuk dingin.

3. Cek urin

Demam bisa menyebabkan dehidrasi, Ladies. Jika tubuh kamu tengah dehidrasi, urin kamu menjadi kuning gelap. Urin yang normal berwarna kuning muda hingga transparan. Kalau udah gitu, jangan lupa minum air, Ladies.

4. Tanyakan dirimu (dan orang sekitar) apakah suhu saat itu tergolong normal

Cara Mengetahui Apakah Kamu Demam Saat Tidak Ada Termometer
Foto: unsplash.com

Demam bisa menyebabkan antara perasaan sangat dingin atau sangat panas. Kalau kamu tiba-tiba merasakan perubahan drastis pada suhu tubuh kamu, tanyakan orang sekitar apakah mereka merasakan hal yang sama. Jika hanya kamu yang merasakannya, bisa jadi kamu lagi demam nih.

5. Coba gunakan tangga

Demam bisa menyebabkan kamu merasakan kelelahan hebat bahkan untuk hal simpel seperti naik tangga. Jika kamu tidak yakin apakah kamu sedang sakit atau hanya sedang capek aja, coba naik tangga satu lantai, Ladies. Jika aktivitas ini langsung menyebabkan kamu lelah luar biasa, bisa jadi ini gejala demam.

6. Tingkat rasa sakit

Saat seseorang demam, mereka akan mengalami juga sakit kepala serta sakit-sakit di seluruh tubuh. Jika kamu merasa perubahan suhu drastis, berkeringat, sakit kepala hebat, serta sakit di badan padahal kamu tidak terluka sebelumnya, kemungkinan kamu mengalami demam.

Cara Mengetahui Apakah Kamu Demam Saat Tidak Ada Termometer
Foto: unsplash.com

7. Terakhir, minta tolong orang lain untuk membawakanmu termometer!

Jika masih tidak yakin sedang demam atau tidak, sudah saatnya phone-a-friend dan minta tolong teman atau keluarga kamu untuk membawakan termometer. Seseorang mengalami demam jika suhu tubuhnya lewat dari 37,8o C.

Kalau memang terbukti kamu sedang demam, sebaiknya segera cek ke dokter, Ladies. Minum yang teratur, istirahat yang cukup, minum obat dan makan makanan bergizi ya, Ladies. Stay healthy!

 

Sumber: Bustle

Comments

Loading...