OUR NETWORK

Cara Membersihkan dan Menyimpan Menstrual Cup dengan Benar

Cara Membersihkan dan Menyimpan Menstrual Cup dengan Benar
Foto: apartmenttherapy.com

Ladies ada yang menggunakan menstrual cup saat menstruasi? Biasanya menstrual cup terbuat dari bahan fleksibel campuran silikon dan berbentuk seperti bell. Benda ini bisa digunakan berulang dan pilihan alternatif yang lebih ramah lingkungan dibanding tampon dan pembalut. Bagi kamu yang ingin mencoba atau sedang mencoba menggunakan menstrual cup, berikut tips dan trik untuk membersihkan dan menyimpannya ya, Ladies!

Cara Membersihkan dan Menyimpan Menstrual Cup dengan Benar
Foto: apartmenttherapy.com

Membersihkan Menstrual Cup

  • Pertama, sebelum pertama kali digunakan, pastikan kamu mendidihkan menstrual cup kamu di air panas. Untuk melakukannya, taruh menstrual cup di panci dengan air mendidih dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Jangan sampai airnya kosong ya karena menstrual cup kamu bisa terbakar dan gosong.
  • Cara pembersihan di antara pemakaian yakni dengan mengosongkan menstrual cup kemudian bilas dengan air bersih dan sabun tidak berbau. Jika kamu sedang dalam perjalanan, bisa juga kamu lap dengan tisu basah berdisinfektan setelah dikosongkan dan dibilas air bersih.
  • Di akhir masa menstruasi, cuci menstrual cup dengan air hangat dan sabun yang tidak berbau. Jika kamu merasa kurang bersih, rendam menstrual cup di air hangat selama beberapa menit lalu gunakan sikat kecil khusus lalu sikat menstrual cup secara perlahan. 
  • Kamu bisa mendidihkan menstrual cup diantara masa menstruasi untuk ekstra higienis.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Siklus Menstruasimu “Normal”

Menyimpan Menstrual Cup

Cara Membersihkan dan Menyimpan Menstrual Cup dengan Benar
Foto: apartmenttherapy.com

Setelah dibersihkan, menstrual cup perlu disimpan di tempat dimana ada aliran udara. Letakkan cup di kantung yang memungkinkan udara masuk. Gunanya agar air yang berlebih setelah dicuci dapat menguap keluar. Jangan taruh di kantung plastik atau wadah tertutup ya, Ladies. 

Cara Mengetahui Saatnya Mengganti dan Membuang Menstrual Cup

  • Bahan penyusun menstrual cup didesain dapat bertahan untuk bertahun-tahun. Silikon dengan standar kesehatan dapat bertahan hingga 10 tahun jika dijaga dengan baik. Hanya saja, semakin lama dipakai tentu akan terdapat noda pada menstrual cup kamu. Beberapa orang tidak senang akan hal ini ladies dan mengganti menstrual cup mereka atas alasan tersebut. 
  • Direkomendasikan untuk mengganti menstrual cup kamu setiap 2 sampai 3 tahun sekali. 
  • Untuk mencegah perubahan warna, kamu bisa membilas menstrual cup kamu dengan air dingin sebelum membersihkannya.

Semoga tips tadi bermanfaat  ya, Ladies!

 

Sumber: Apartment Therapy

Comments

Loading...