OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Bau Badan Justru Bagus Lho untuk Tubuh Kamu, Cek Alasannya Di Sini!

Apa alasan setiap orang memiliki bau badan tertentu? Pertama kita harus tau dulu apa yang menyebabkan bau pertama kali. Menurut Gavin Thomas, microbiologist dari New York, penyebab bau badan justru bukan dari keringat. Keringat tidak memiliki komponen bau di dalamnya. Setelah dikeluarkan oleh kelenjar keringat, keringat hanyalah air asin tak berbau yang berfungsi untuk mendinginkan badan yang sedang panas.

Penyebab bau badan

Jadi apa alasan badan manusia berbau? Beberapa tempat di tubuh manusia seperti di bawah ketiak dan sekitar kemaluan tidak hanya mengeluarkan keringat, namun juga komponen lain seperti lemak, minyak, dan protein. Keringat tipe ini juga tidak berbau, namun komponen yang ada di dalamnya yakni lemak dan protein akan digunakan oleh mikroorganisme di kulit kita untuk memproduksi bau badan yang kita kenal.

Bau Badan Justru Bagus Lho untuk Tubuh Kamu, Cek Alasannya Di Sini!
Foto: pexels.com

Menurut Teruaki Nakatsuji, biologist dari University of California, San Diego, setidaknya terdapat 200 jenis bakteri di kulit manusia. Setiap orang memiliki tipe bakteri yang berbeda dengan orang lainnya. Bakteri ini juga lapar setiap saat. Mereka senang memakan komponen dari keringat dan mengeluarkan komponen aromatik yang menyebabkan bau. Komponen bau ini dapat berupa bau kumin atau bau kambing. Eits, sebelum kamu pengen buru-buru mandi biar bau badan kamu hilang, ternyata ada bagusnya lho punya bau badan.

Baca juga: Punya Masalah Bau Badan? Ini Tips Mengatasinya!

Manfaat bakteri di kulit

Bakteri yang ada di kulit ini sebenarnya hal penting yang kamu butuhkan, Ladies. Jika tidak ada bakteri baik ini di kulit, berbagai masalah di kulit seperti eczema, infeksi dan berbagai penyakit oleh bakteri jahat lainnya dapat menjalar dengan mudah. Jadi bakteri seperti S. hominins bertindak sebagai antibiotik alami dan menjaga tubuh dari penyakit. 

Terus, apa yang terjadi jika kita mandi? Tenang aja, Ladies. Meskipun kamu sudah mandi, bakteri tersebut tetap ada di kulit kamu. Alasannya yakni sabun mandi hanya membersihkan permukaan kulit kamu, sedangkan bakteri ini hidup di lapisan dalam kulit, dimana sabun mandi tidak bisa menjangkaunya. Jadi, kamu menghilangkan keringat namun bakteri baik tetap ada di kulit kamu. Keren banget kan. Next time sebelum mandi, kamu bisa bilang makasih dulu nih dengan bakteri baik di kulit, habis itu lanjutin deh mandinya … xixixi …

 

Sumber: NPR

Must Read

Related Articles