OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Alasan Tepat Mengapa Teh Bagus Untuk Kesehatan Rambut

Teh menjadi salah satu minuman paling nikmat dan hampir seluruh orang Indonesia menyukainya. Bisa diminum dingin saat siang hari, ketika panas terik menyengat rasanya benar-benar melegakan tenggorokan. Atau hangat di sore dan pagi hari, sesuai selera. Bukan hanya untuk itu saja, ternyata ada banyak manfaat bisa didapatkan terutama untuk rambut.

Hal ini sejalan dengan ditemukannya berbagai macam varian, mulai dari hijau, putih, hitam, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak jenis tersebut, terdapat kandungan yang berdampak positif bagi rambut kamu.

Tidak heran bila daun camelia sinensis ini sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu untuk mengatasi berbagai permasalahan pada rambut. Keyakinan mereka terbukti sekarang, dimana pakar kecantikan mulai menyarankan menggunakan bahan ini dibandingkan kimia.

Kandungan pada teh yang bermanfaat

Alasan Tepat Mengapa Teh Bagus Untuk Kesehatan Rambut
Sumber gambar dari kompas.cpm

Mungkin sampai saat ini kamu masih tidak percaya apakah benar pernyataan tersebut? Salah satu faktornya adalah hadirnya kafein yang terkandung di dalamnya. Menurut penelitian kandungan tersebut justru berdampak positif bagi kepala.

Hal ini terjadi karena hadirnya dihidratestosteron. Merupakan hormon utama yang memiliki peran penting dan bertanggung jawab penuh ketika mahkota terindah kamu ini mengalami kerontokan.

Bukan hanya untuk wanita saja, pria juga mengalaminya. Dengan kadar kafein tersebut, bukan membuat rambut semakin rontok tetapi, tumbuh dengan baik. Kondisi ini sudah melalui tahap penelitian. Di mana mereka selalu konsumsi suplemen teh, dan hasilnya hampir 80% pertumbuhan terjadi.

Alasan berikutnya yang mendukung pernyataan bahwa penggunaan daun Camelia sinensis ini bermanfaat untuk rambut, hadir di green tea. Seperti diketahui, cita rasanya sangat menyegarkan dan jadi minuman penurun berat badan terbaik.

Tetapi, ada ekstrak EGCG yang terkandung di dalamnya di mana perannya dalam merawat dan menumbuhkan rambut sangat penting. Bukan hanya mencegah terjadinya kerusakan saja, melainkan merangsang pertumbuhan folikel, sehingga pertumbuhannya semakin meningkat.

Membawa nutrisi yang dibutuhkan

Alasan Tepat Mengapa Teh Bagus Untuk Kesehatan Rambut
Sumber gambar eventkampus.com

Salah satu faktor mengapa rambut tidak tumbuh dengan sempurna atau rontok adalah sulitnya kulit kepala menerima asupan oksigen sampai berbagai nutrisi. Oleh karena itu, minum teh merupakan salah satu solusi terbaiknya.

Karena minuman ini melancarkan darah dalam membawa berbagai macam nutrisi sampai oksigen yang dibutuhkan. Inilah alasannya mengapa terapi menggunakan teh cukup efektif memberikan hasil yang nyata.

Walau membutuhkan waktu, namun dapat dilihat bagaimana perkembangannya. Selain itu, kandungan polifenol, Vitamin C dan E sangat dibutuhkan sehingga, mahkota terindah kamu tampak lebih lembut dan bercahaya.

Ketiga kandungan dari teh hitam tersebut memiliki peranan penting dalam melindungi kepala dari sinar ultraviolet. Selain itu, kemampuannya untuk menyeimbangkan sebum juga patut diacungi jempol.

Sebum sendiri merupakan minyak yang dihasilkan oleh kulit kepala. Kelebihan kadar ini membuat rambut tampak berminyak dan lepek. Apalagi kalau kamu sering berada di bawah sinar matahari, rasanya permasalahan ini akan semakin bertambah.

Cara menggunakan teh sebagai obat penumbuh rambut

Alasan Tepat Mengapa Teh Bagus Untuk Kesehatan Rambut
Sumber: antaranews.com

Setelah mengetahui berbagai alasan mengapa Camelia sinensis ini bagus untuk rambut, saatnya mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Salah satunya adalah menggunakan shampo yang memiliki kandungan teh.

Baca juga: 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Teh Hijau

Saat ini beberapa produk sudah tersedia dan hasilnya cukup memuaskan. Kalau kurang cocok, kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih alami saja. Siapkan dua kantong teh kemudian, larutkan dalam air hangat, siram ke kulit kepala.

Pijat sebentar dan bila menggunakan air hangat lagi. Lakukan setidaknya 3 hari sekali, kemudian cobalah rasakan perbedaannya. Selain digunakan untuk membilas kepala, jangan lupa pula untuk konsumsinya setidaknya 1 gelas per hari.

Kandungan di dalamnya akan membantu pembentukan folikel dari dalam. Dengan begini, hasilnya semakin maksimal. Untuk teknik bilas tidak harus teh hijau, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan, karena setiap varian memiliki manfaat berbeda pula. Hal itu juga berlaku saat diminum.

Teh merupakan bahan paling terjangkau dibandingkan serum. Dengan berbagai nutrisi didalamnya menjadikannya sebagai obat herbal terbaik untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut kamu, bagaimana sudah siap mencobanya?

Must Read

Related Articles