OUR NETWORK

5 Jenis Makanan Pemicu Tumbuhnya Jerawat

5 Jenis Makanan Pemicu Tumbuhnya Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sepertinya dialami oleh semua orang. Penyebab munculnya jerawat ini juga beragam, mulai dari lingkungan yang buruk, gaya hidup yang tak sehat, sampai makanan yang dikonsumsi. Berbicara mengenai makanan, ada beberapa jenis yang bisa dengan mudah menyebabkan munculnya jerawat. Apa saja ya kira-kira itu? Yuk, lihat ulasan lengkapnya seperti di bawah ini.

1. Makanan Olahan

5 Jenis Makanan Pemicu Tumbuhnya Jerawat
Foto: shopify.com

Makanan olahan banyak kita pilih karena instan dan tidak memakan banyak waktu untuk mempersiapkannya. Tapi, tahukah kamu Ladies, ternyata mengosumsi makanan olahan secara berlebihan juga menimbulkan munculnya jerawat? Sebut saja makanan seperti halnya gula dan biji-bijian yang diolah juga menjadi penyumbang munculnya jerawat.

Contoh olahan karbohidrat seperti halnya roti, biskuit, nasi putih, sereal dan juga artificial sweeteners bisa meningkatkan resiko munculnya jerawat dengan mempengaruhi gula darah dan level insulin. Tingkat insulin yang tinggi bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

2. Olahan Susu

5 Jenis Makanan Pemicu Tumbuhnya Jerawat
Foto: milknutritiousbynature.eu

Olahan susu seperti halnya keju, es krim dan masih banyak lagi yang lainnya sangat enak dikonsumsi ya Ladies. Tapi sayangnya, penelitian membuktikan jika dairy product bisa menyebabkan jerawat, khususnya untuk mereka yang mengonsumsinya dalam jumlah yang besar. Produk susu ini menyebabkan kadar insulin di dalam darah meningkat dan ini menjadi penyebab jerawat. Susu, terutama susu sapi juga memiliki kandungan asam amino yang menstimulasi liver, dan bahan ini menghasilkan lebih banyak insulin-like growth factor 1 (IGF-1) dan menyebabkan munculnya jerawat yang mengganggu.

3. Fast Food

5 Jenis Makanan Pemicu Tumbuhnya Jerawat
Foto: sohacdn.com

Enak, cepat dan murah, itulah sebagian alasan kenapa kita lebih memilih fast food dibandingkan mengolah sendiri. Meskipun belum ada pembuktian yang menyebutkan secara jelas kenapa makanan cepat saji menyebabkan jerawat, tapi banyak peneliti percaya jika fast food bisa memengaruhi kadar hormon. Dan perubahan hormon yang tak stabli inilah yang mempengaruhi perkembangan jerawat.

4. Makanan Kaya Omega-6

5 Jenis Makanan Pemicu Tumbuhnya Jerawat
Foto: latinamoms.com

Jagung dan juga soy oil memiliki kandungan omega-6 yang sangat tinggi. Ternyata, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dan tidak seimbang, makanan dengan kandungan omega-6 ini akan menyebabkan inflamasi dan timbulnya jerawat. Untuk bisa meredakan munculnay jerawat akibat omega-6, Ladies bisa menyeimbangkannya dengan omega-3 seperti halnya kacang walnut ataupun juga ikan.

5. Cokelat

5 Jenis Makanan Pemicu Tumbuhnya Jerawat
Foto: thesun.co.uk

Cokelat merupakan salah satu teman baik wanita kala tamu bulanan datang. Meskipun begitu, cokelat dan olahannya bisa menyebabkan munculnya jerawat. Belum ada pembuktian, namun beberapa survei menyebutkan jika mengosumsi cokelat bisa menyebabkan perkembangan jerawat.

Ada makanan yang menyebabkan jerawat, ada pula jenis yang bisa meredakannya. Contohnya saja air, sayuran segar, buah-buahan, vitamin A, D, E dan zink, kunyit, teh herbal, asam lemak omega 3 dan juga probiotik. Intinya sih Ladies, konsumsi makanan secara seimbang agar tidak menimbulkan dampak buruk nantinya.

Sumber: Reports Healthcare, Foto cover: citizen.co.za

Comments

Loading...