OUR NETWORK

4 Cara Membuat Telapak Tangan Tetap Lembut Meski Sering Dicuci

4 Cara Membuat Telapak Tangan Tetap Lembut Meski Sering Dicuci
Foto: prevention.com

Sampai saat ini, kamu masih disarankan untuk mencuci tangan lebih sering. Selain menjaga kebersihan, tentu saja untuk membunuh berbagai bakteri, virus, atau penyebab penyakit lainnya. Namun, mencuci tangan lebih sering bukan tanpa dampak negatif, salah satunya adalah membuat telapak tangan jadi lebih kasar.

Mencuci tangan secara lebih sering apalagi saat musim dingin bisa mengikis lapisan pelindung di telapak tangan. Maka dari itulah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat tangan lebih lembut meski sering dicuci.

Ganti sabun dengan produk yang lebih lembut

4 Cara Membuat Telapak Tangan Tetap Lembut Meski Sering Dicuci
Foto: wellandgood.com

Sabun batang memang sangat efektif untuk membunuh kuman, bakteri, dan juga virus. Namun sayangnya, penggunaan sabun batang secara berlebihan bisa mengikis telapak tangan. Bisa-bisa telapak tangan mengalami luka. Maka dari itulah, cari produk yang lebih lembut untuk mencuci tangan.

Dr. Mona Gohara, seorang profesor klinis di asosiasi dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Yale merekomendasikan produk yang di dalamnya memberikan kelembaban untuk kulit namun juga efektif membersihkan kuman. Contohnya antara lain Cetaphil, CeraVe, dan juga Avene.

Baca juga: 3 Produk Lotion Terbaik untuk Haluskan Tangan yang Sering Dicuci

Pakai body lotion lagi dan lagi

Saat kamu mulai merasa tangan menjadi kering, jangan segan-segan untuk mengaplikasikan lotion ke kulit. Maka dari itulah supaya di luar sana masih bisa menggunakan lotion, selalu sediakan di dalam tas. Pastikan lotion yang dipilih memiliki bahan-bahan pelembap di dalamnya seperti halnya ceramides, glycerin, dan juga mineral oil. Oh iya satu lagi, pilihan lotion yang berbahan water-based.

Pakai sarung tangan jika keluar

4 Cara Membuat Telapak Tangan Tetap Lembut Meski Sering Dicuci
Foto: freepik.com

Supaya memberikan perlindungan yang lebih, kamu juga bisa menggunakan sarung tangan. Ini juga akan mengurangi paparan telapak tangan dari pengaruh buruk dari lingkungan seperti halnya paparan matahari yang berlebih, angin, salju, dan lain sebagainya. Saat mencuci piring, juga gunakan sarung tangan karet.

Pakai essential oil

Jika kamu menginginkan pelembap yang lebih natural, essential oil atau minyak esensial juga bisa dicoba. Bisa minyak kelapa, minyak almond, dan masih banyak yang lainnya. Pastikan memilih minyak yang bisa diterima tangan, tidak menyebabkan iritasi atau alergi. Untuk melihat apakah kamu akan alergi, coba saja sedikit di pergelangan tangan, perhatikan reaksinya. Jika 10-20 menit tidak terjadi apa-apa bisa langsung dioleskan menyeluruh di tangan.

Itulah cara-cara untuk membuat telapak tangan tetap halus, lembab dan sehat meski dicuci berkali-kali. Jangan malas untuk melakukan perawatan ya.

 

Sumber: popsci.com

Comments

Loading...