OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

12 Alasan Tak Terduga dari Kemunculan Jerawatmu (Bagian 2)

Tiba-tiba muncul jerawat di wajahmu? Mungkin ini penyebab tidak terduganya, Ladies. Pastikan kamu sudah membaca bagian satunya di sini ya!

1. Regimen perawatan kulit barumu belum berhasil

12 Alasan Tak Terduga dari Kemunculan Jerawatmu (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Ladies mungkin membeli banyak produk skincare baru dengan harapan perbaikan kulit yang cepat. Namun, kok sepertinya investasimu tersebut tidak membuahkan hasil ya? 

Inilah alasannya: Sangat normal untuk terus berjerawat saat kulit melewati periode penyesuaian. “Ketika Anda memulai rejimen baru, dibutuhkan satu hingga tiga bulan untuk melihat hasilnya. Beberapa orang menyerah setelah satu minggu, tetapi itu tidak cukup waktu,” kata Dr. Peredo. Juga, pertimbangkan bahwa Ladies mungkin tidak melakukan perawatan dengan tepat. Produk topikal memang dapat membersihkan beberapa jerawat, tetapi jerawat dipicu oleh multifaktorial. 

Selain melakukan pengobatan luar, Ladies pun harus berpikir untuk mengendalikan tingkat stres dan tidur yang cukup (keduanya dapat meningkatkan peradangan di tubuh, menyebabkan jerawat)—bukan hanya mengoleskan krim dan berharap yang terbaik.

2. Riasanmu terlalu berat

12 Alasan Tak Terduga dari Kemunculan Jerawatmu (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Ini adalah reaksi alami. Saat sedang breakout, secara otomatis Ladies akan memulaskan kosmetik lebih berat untuk menutupi jerawat. Namun akibatnya, kulit tjadi idak bisa bernapas karena produk menyumbat pori-pori dan kelenjar minyak. Kondisi tersebut lantas mendukung bakteri dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Siklus berulang sampai Ladies tidak punya pilihan selain memakai lebih banyak riasan untuk menutupi jerawat terus-menerus…

Jika kamu sudah mengalami kondisi tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter, Ladies. Sesuai kondisimu, dokter akan merekomendasikan produk topikal, pengobatan oral, atau perawatan seperti mikrodermabrasi atau laser resurfacing untuk memperbaiki jaringan parut jerawat. Setelah jerawat terkendali, Ladies tidak perlu lagi menggunakan foundation atau concealer untuk menutupinya.

3. Ulah rambutmu

12 Alasan Tak Terduga dari Kemunculan Jerawatmu (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Jika Ladies secara teratur menggunakan pomade atau kondisioner berat atau jarang mencuci rambut, minyak dan lemak dari kulit kepala akan berpindah ke dahi. 

“Jika Anda melihat jerawat tepat di garis rambut Anda, Anda dapat menganggapnya karena semprotan atau kondisioner berminyak,” kata Dr. Peredo. Untuk mengatasinya, Dr. Peredo menyarankan untuk beralih ke produk yang lebih ringan, mencuci rambut lebih sering, atau bahkan mengubah gaya rambut menjadi gaya rambut yang lebih praktis dan tidak mengganggu wajah.

4. Salahkan ponselmu

12 Alasan Tak Terduga dari Kemunculan Jerawatmu (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Alasan lain untuk menghentikan kecanduan ponsel: Jika Ladies memegang ponsel di pipi saat berbicara, akumulasi kotoran dan keringat dapat menyebabkan jerawat di area tersebut, kata Dr. Kazin. Ladies juga mungkin memiliki reaksi ringan terhadap logam di alat canggihmu tersebut yang akan menyebabkan ruam atau benjolan seperti jerawat, tambah Dr. Peredo. Solusinya sederhana—gunakan speakerphone atau headset untuk percakapan panjang dan jauhkan ponsel serta tangan dari wajah sejauh mungkin.

5. Cara menyikat gigi

12 Alasan Tak Terduga dari Kemunculan Jerawatmu (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Beberapa orang hanya memiliki kulit yang sangat reaktif dan mungkin mengalami jerawat atau ruam akibat zat aditif, seperti wewangian atau pengawet, dalam produk perawatan diri seperti parfum, losion, atau bahkan pasta gigi, kata Dr. Linden. Reaksi ini dapat menyebabkan jerawat atau benjolan merah yang terlihat seperti jerawat. Perhatikan baik-baik kulitmu setiap kali menggunakan produk baru dalam rutinitasmu sehingga Ladies dapat menentukan apa yang menyebabkan masalah, katanya.

6. Efek suplemen

12 Alasan Tak Terduga dari Kemunculan Jerawatmu (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Bukan hanya makanan yang dapat memicu jerawat; suplemen juga bisa, kata Dr. Peredo. Hal ini terutama berlaku untuk suplemen yang mengandung banyak bahan berbeda, seperti yang dipasarkan untuk menurunkan berat badan atau binaraga. 

“Suplemen tertentu dapat memengaruhi keseimbangan hormon Anda yang dapat menyebabkan jerawat,” jelas Dr. Peredo. Selalu bicarakan dengan dokter sebelum memulai suplemen karena suplemen dapat menyebabkan masalah kesehatan di luar jerawat dan dapat mengganggu kinerja obat lain.

Yuk mulai perhatikan lagi aktivitas dan kebiasaanmu sebab bisa saja jerawatmu dipicu oleh salah satunya, Ladies.

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles