OUR NETWORK

10 Trik Perpanjang Daya Tahan Produk Makeup

10 Trik Perpanjang Daya Tahan Produk Makeup
Foto: pexels.com

Banyak bermunculannya jenis produk kecantikan yang baru menjadi godaan tersendiri untuk kamu pecinta makeup untuk mengoleksinya, bukan? Di saat kamu merasa koleksimu sudah lengkap, tetap saja ada hal yang membuatmu harus mengeluarkan kocekmu lagi, seperti membeli produk yang habis atau mengganti produk yang tidak lagi utuh. Hal ini tentunya dapat berdampak buruk bagi keuanganmu. Menyadari hal tersebut, berikut ini dikutip dari Cosmopolitan terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat makeupmu bertahan lama, sehingga dapat menghemat pengeluaranmu, loh! Penasaran, kan? Simak, yuk!

Baca juga: Tips Menggunakan Makeup Neon Elektrik

1. Perpanjang Pemakaian Foundation dengan Face Lotion

10 Trik Perpanjang Daya Tahan Produk Makeup
Foto: cosmopolitan.com

Ketika foundation mahalmu hampir habis, sangat disayangkan jika sisa yang cukup banyak tertinggal di sela-selanya kamu buang begitu saja karena sulit untuk dikeluarkan. Untuk mengakalinya, kamu dapat menggunakan face lotion. Caranya, masukkan sedikit produk face lotionmu ke dalam botol kaca foundation, kemudian kocok hingga menyatu dengan sisa foundationmu. Karena teskturnya yang lebih cair, face lotion dapat mengeluarkan sisa-sisa foundation dari sela-sela botol tersebut. Jika kemasan foundationmu bukan kaca melainkan botol yang dapat diremas, maka, kamu dapat mengguntingnya pada bagian tengah, untuk mengambil sisa-sisa produk foundationmu.

2. Padatkan Kembali Bedak dengan Packaging Tape

Minyak dari kulit dapat memadatkan kembali produk bubuk. Caranya, tekan packaging tape pada bubuk padat untuk menghilangkan retakan dan memadatkan kembali lapisan atasnya. Voila, bedak padatmu akan tampak seperti baru.

3. Bersihkan Residu pada Palette Eyeshadow dengan Alkohol dan Kapas

Tuang alkohol ke dalam botol semprotan. Kemudian, semprotkan alkohol pada palette. Lalu, tekan perlahan dengan kapas. Hal ini tidak hanya akan membuat nuansa warna asli dari palette itu kembali, tetapi juga dapat mensterilkan bayangan.

4. Perbaiki Eyeshadow atau Bedak Padat yang Hancur dengan Alkohol

Tuangkan alkohol ke dalam remah-remah produk hingga berubah menjadi pasta. Kemudian, tekan kembali bersama-sama dengan bagian belakang sendok atau jari bersihmu. Tunggu hingga alkohol menguap, setelah itu produkmu telah kembali menjadi padat dan siap digunakan.

5. Selamatkan Mascara, Gel Liner, atau Cream Shadow yang Kering dengan Saline Solution

10 Trik Perpanjang Daya Tahan Produk Makeup
Foto: cosmopolitan.com

Berdasarkan rekomendasi, jangka waktu terbaik penggunaan mascara dan gel eyeliner ialah tiga bulan, sementara cream shadow dapat bertahan hingga satu tahun. Tapi seringkali beberapa produk ini mengeras sebelum tanggal kadaluwarsanya. Kamu bisa mengembalikan tekstur cairnya dengan meneteskan beberapa saline solution atau larutan garam ke formula tersebut.

6. Bersihkan Lem pada Bulu Mata Palsu dengan Sikat Spoolie dan Alkohol

10 Trik Perpanjang Daya Tahan Produk Makeup
Foto: cosmopolitan.com

Sisir bulu mata palsu dengan lembut menggunakan sikat spoolie yang telah diberikan alkohol. Sedikit demi sedikit, lem dan makeup yang menempel pada bulu mata palsu akan terangkat tanpa merusak bentuknya. Dengan cara ini kamu tidak perlu membeli bulu mata palsu yang baru.

7. Manfaatkan Sisa Produk Mascara dan Eyeliner dengan Air Hangat

Ketika produk mascara dan eyelinermu semakin menipis, sebenarnya pada sisi-sisi tabungnya menempel sisa-sisa produk yang masih dapat kamu gunakan. Untuk itu, rendamlah tabung mascara atau eyelinermu dalam secangkir air hangat untuk meluluhkan produk di sepanjang sisi tabung agar bisa kamu gunakan. Tapi, ingat Ladies, jika sudah lebih dari masa kadaluwarsa, sebaiknya dibuang, ya!

Baca juga: 8 Rekomendasi Maskara untuk Mata Sensitif

8. Perbaiki Lipstick Patah dengan Korek Api

10 Trik Perpanjang Daya Tahan Produk Makeup
Foto: cosmopolitan.com

Tak jarang lipstik yang baru saja kamu beli atau lipstik kesayanganmu patah begitu saja. Padahal produknya masih bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Jika kamu mengalami hal ini, jangan buang lipstikmu Ladies, melainkan satukan kembali dengan menggunakan korek api. Caranya, nyalakan korek berdekatan dengan kedua patahan lipstik. Lelehkan sedikit bagian bawah pada produk yang hanya ada patahannya, dan bagian atas pada produk yang masih menempel dengan stick. Ketika sudah terlihat sedikit lelehan, gabungkan keduanya bersamaan dan ratakan dengan jarimu sebelum mongering.

9. Campurkan Eyeshadow yang Hancur dengan Petroleum Jelly untuk Menciptakan Warna Lipstik Sendiri

Jika kamu merasa tidak cocok dengan warna eyeshadow tertentu atau memiliki satu warna eyeshadow terlalu banyak, kamu bisa mengubahnya menjadi lipstik, loh Ladies. Caranya, hancurkan eyeshadow tersebut, campurkan dengan petroleum jelly dalam wadah tester kecil. Voila, kamu telah membuat lipstik berwarna unik ciptaanmu sendiri.

10. Perpanjang Umur Kuteks, Lipstik, dan Parfummu dengan Menyimpannya di dalam Kulkas

Suhu panas dan cahaya dapat mengubah formula, warna, aroma, dan tekstur pada produkmu. Khususnya, pada produk kuteks, lipstik, dan parfum. Di sisi lain, ruangan yang gelap dan sejuk, dapat membuat formula ketiga produkmu itu terjaga kualitasnya. Untuk itu, kulkas dapat menjadi tempat terbaik untuk menjaga kualitas dari produk kecantikanmu itu, Ladies.

Dengan melakukan trik-trik dari ulasan di atas, kamu tidak perlu khawatir lagi akan mengeluarkan biaya tambahan ketika produk kecantikanmu rusak. Nah, buat kamu yang sudah mencobanya, jangan lupa share pengalamanmu di sini, ya Ladies.

 

Sumber: cosmopolitan  Foto cover: pexels.com

Comments

Loading...