OUR NETWORK

Cara Menghilangkan Anxiety Saat Harus Kembali Bekerja di Kantor

Setelah 2 tahun berlalu, akhirnya kita kembali ke rutinitas kita seperti sebelum pandemi, Ladies. Kantor kembali dibuka dan kerja sudah mulai dilakukan dari tempat kerja. Namun karena sudah lama tidak ke kantor, muncul nih yang namanya workplace anxiety. Tenang, hal ini cukup banyak dialami banyak orang, Ladies. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk coping dan menghilangkan anxiety kamu sebelum ke kantor lagi ya!

1. Enjoy your day!

Mulailah dengan menikmati pagimu! Pilih baju favoritmu, hairstyle yang kamu suka, atau minum kopi kesukaan kamu. Kamu juga bisa mencari cara untuk menikmati waktu kerja kamu. Mungkin dengan cara menyetel musik, menyiapkan cemilan, atau makan siang dengan kolega yang bisa membuat mood kamu positif, Ladies.

2. Fokus untuk berkolaborasi dan kreativitas

Cara Menghilangkan Anxiety Saat Harus Kembali Bekerja di Kantor
Foto: pexels.com

Berbeda dengan saat Zoom meeting, sekarang kamu sudah bisa tatap-tatapan langsung saat bertemu. Ini dia saatnya untuk bertukar ide dan brainstorming dengan kolega kantormu, Ladies. Bisa aja kalian akan membuat terobosan baru nih untuk projek ke depannya.

3. Planning sebelum memulai

Kamu akan lebih tenang jika sudah punya persiapan sebelum memulai bekerja, Ladies. Atur mana yang perlu dan bisa kamu kerjakan duluan dan segera kirimkan tugas pada departemen yang bertanggung jawab.

4. Bertanya saat kamu membutuhkannya

Kamu sudah lama nih tidak kembali ke kantor jadi wajar-wajar saja jika ada beberapa hal yang membuat kamu bingung. Tidak ada salahnya kalau kamu bertanya saat kamu kebingungan akan sesuatu.

Baca juga: Tips untuk Para Introvert Ketika Bekerja Dalam Tim

5. Latihan melakukan rutinitas dulu

Cara Menghilangkan Anxiety Saat Harus Kembali Bekerja di Kantor
Foto: pexels.com

Ada baiknya sebelum betul-betul kembali bekerja di kantor, kamu mulai membiasakan diri dulu dengan rutinitas lama sebelum WFH. Saat kamu punya persiapan yang lebih matang, dirimu akan lebih tenang deh dan mengurangi stres saat kembali WFO. 

6. Dengarkan dirimu sendiri

Perhatikan bagaimana perasaanmu dan cara kamu merespon pada situasi bekerja di kantor. Apakah kamu merasa tegang? Apakah pemicu sensasi tersebut? Jika kamu membutuhkan waktu untuk rileks, kamu dapat melakukannya dengan berdiam diri dan fokus bernapas panjang. Buat dirimu merasa lebih baik saat kamu membutuhkannya, Ladies.

7. Pasang batasan sesuai kebutuhanmu

Kita tidak bisa langsung serta merta meninggalkan kebiasaan kita saat pandemi. Mungkin kamu masih memiliki kebiasaan untuk menjauhi orang agar tidak tertular COVID. It’s okay kok, Ladies. Takut itu wajar dan nggak masalah jika kamu membutuhkan waktu untuk meningkatkan kenyamanan kamu. Diskusikan hal ini dengan kolega dan atasanmu agar kalian dapat saling beradaptasi dengan keadaan masing-masing.

8. Tentukan goal yang ingin kamu raih

Saat kamu punya tujuan yang ingin dicapai, hidup kamu akan melaju ke depan nih, Ladies! Goal tersebut seperti ingin memiliki relasi baru, memiliki skill baru untuk dikembangkan, atau mencapai work-life balance alias hidup yang seimbang.

Yep masa pandemi yang lumayan panjang mungkin membuat kamu anxious untuk kembali ke kantor. Semoga tips tadi membantu kamu untuk lebih tenang saat kembali bekerja di kantor ya. Hwaiting, Ladies!

 

Sumber: Vogue

Must Read

Related Articles