OUR NETWORK

Deretan Alasan Kenapa Kamu Perlu Lakukan Digital Detox

Saat mendengar kata ‘digital detox’ apa yang terbayang di benakmu? Jika berkaitan dengan puasa digital, hal tersebut benar adanya. Istilah digital detox sendiri mengacu pada istirahat sementara waktu dari berbagai alat-alat digital. Mulai dari tidak ada smartphone, Wi-Fi, televisi, radio, dan berbagai teknologi canggih lainnya. Mungkin terbayang menyeramkan, namun dibalik itu banyak sekali lho manfaatnya.

Tidak perlu lama-lama sampai seharian penuh, kamu bisa memulai digital detox dari beberapa menit atau jam. Bagi yang masih ragu, yuk cek berikut ini deretan manfaat digital detox.

1. Menemukan hobi baru

Saat kamu terus menerus berjibaku dengan gadget, duniamu seakan-akan hanya di situ saja. Ke Instagram, scroll TikTok, lalu Facebook kemudian Youtube dan siklus tersebut berulang. Karena itu, kamu perlu memecah kebiasaan tersebut. Waktu-waktu senggang yang biasanya digunakan untuk main ponsel, selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk menemukan hobi baru. Memasak, berkebun, bersepeda, atau lain-lain.

2. Mendapatkan tidur berkualitas

Tidak hanya membuat kecanduan, benda-benda digital juga mengurangi waktu tidur. Alih-alih mendengarkan lagu segera tidur, kamu malah terjaga semalaman hanya untuk streaming film atau hanya scroll media sosial. Dengan mematikan Wi-Fi dan menjauhkan gadget, kamu bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Bangun segar, pekerjaan yang sudah menunggu bisa selesai dengan lancar.

3. Meningkatkan kesehatan

Penggunaan benda-benda digital benar-benar memengaruhi kesehatan tubuh. Apakah kamu pernah merasa mata lelah atau leher kram setelah berjam-jam menatap layar? Karena hal itu, jika tidak ada hal yang mendesak, ada baiknya untuk kurang-kurangi paparan dengan berbagai benda digital. Lakukan digital detoks jika dirasa tidak mengganggu aktivitas.

4. Mengurangi depresi dan kecemasan

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan gadget menyumbang angka kenaikan depresi beberapa tahun belakangan ini. Supaya tingkat depresi tidak semakin menjadi-jadi, lebih baik batasi diri untuk tidak terlalu berlebihan menggunakannya.

Baca juga: Langkah Atasi Sulit Tidur Karena Gangguan Kecemasan Di Tengah Pandemi Coronavirus

5. Meningkatkan produktivitas

Menonton televisi atau menyaksikan drama Korea secara streaming merupakan hal yang menyebabkan candu. Apalagi acara yang ditonton adalah favorit. Jika tidak memiliki banyak pekerjaan, hal tersebut sah-sah dilakukan. Namun, jika sedang memiliki segudang pekerjaan namun kamu malah memprioritaskan nonton daripada cari uang, ada yang perlu dievaluasi. Dengan mengurangi nonton televisi atau drama, waktu tersebut bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih produktif.

6. Membangun hubungan

Berhubungan di dunia nyata dan maya itu sangat berbeda. Bisa jadi kamu merupakan sosok yang sangat ramah di media sosial, namun belum tentu seramah itu di dunia nyata. Dengan mengalihkan diri ke dunia nyata, kamu akan bis amembangun hubungan lebih baik. Dengan keluarga, tetangga, teman, maupun kerja.

Yuk, sekarang mulai lakukan digital detox. Alihkan ke hal-hal yang lebih alami, supaya berbagai manfaat di atas bisa kamu dapatkan.

 

 

Sumber: healingholidays, healthfitnessrevolution

Must Read

Related Articles