OUR NETWORK

Studi Menunjukkan Vaksin Pfizer dan Moderna Memberi Proteksi yang Lebih Tinggi

Proses vaksinasi di Tanah Air sudah mulai berjalan sejak beberapa waktu yang lalu. Di Indonesia sendiri, jenis vaksin yang sudah digunakan antara lain Sinovac, Sinopharm, dan juga AstraZeneca. Kabarnya, akan lebih banyak lagi jenis vaksin yang masuk ke Indonesia, termasuk juga CanSino, Pfizer dan Moderna.

Lalu dari jenis-jenis vaksin Covid-19 tersebut, manakah yang memiliki ketahanan tinggi meningkatkan kekebalan imun? Dilansir dari Webmd, sebuah penelitian terbaru menyebutkan jika vaksin Covid-19 berjenis Pfizer dan juga Moderna menawarkan kekebalan tubuh yang lebih lama dari yang sudah diperkirakan.

Penelitian yang sudah diterbitkan bulan lalu menyebutkan. Bagi mereka yang sebelumnya telah terinfeksi lalu vaksinasi, perlindungannya bahkan bisa bertahan bertahun-tahun.

Dan penemuan terbaru yang terbit pada Senin, 28 Juni 2021 yang diunggah ke Journal Nature, menyebutkan mereka yang sudah divaksinasi dengan menggunakan Pfizer dan Moderna memiliki kekebalan tubuh berkepanjangan, bahkan meski tidak memiliki riwayat terinfeksi COVID-19 sebelumnya. Penelitian tersebut, tidak atau belum menginvestigasi apakah hal tersebut juga berlaku untuk vaksin Johnson & Johnson.

Baca juga: Indonesia Termasuk 9 Negara yang Beri Vaksin Gratis COVID-19

Penelitian tersebut diketuai oleh Ali H. Ellebendy, PhD yang berasal dari Departemen Patologi dan Imunologi di fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis. Hasilnya, dosis tunggal vaksin Pfizer ke sel kekebalan tubuh yang diletakkan di pusat germinal kelenjar getah bening, menunjukkan tetap aktif lebih lama dari yang diharapkan.

Hal tersebut menunjukkan jika vaksin tersebut kemungkinan memiliki ketahanan yang lebih lama. Penelitian tersebut mengambil 41 sampel orang, dan beberapa di antaranya sudah sembuh dari Covid-19. Sementara 14 orang diteliti vaksin di bagian getah bening.

Para peneliti juga menemukan jika vaksin Pfizer dan Moderna memberikan perlindungan setidaknya 12 minggu setelah dosis kedua dan dapat memberikan perlindungan tingkat rendah paling sedikit 1 tahun.

Dengan hal tersebut, Ladies apakah kamu memilih untuk menunggu Pfizer dan Moderna masuk ke Indonesia atau langsung vaksinasi jenis vaksin yang sudah ada? Saran MeraMuda sih, nggak usah terlalu pilih-pilih dengan varian yang sudah disediakan. Jika sudah mendapat undangan, manfaatkan kesempatan tersebut dan segera vaksin ya, Ladies.

 

Sumber: webmd.com

Must Read

Related Articles