OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tidak Hanya untuk Organ Kewanitaan, Ini Deretan Manfaat Kecantikan dari Daun Sirih

Daun sirih selama ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan untuk membersihkan organ kewanitaan. Terutama bagi para wanita setelah selesai melahirkan. Air rebusan daun sirih ini digunakan untuk mandi. Selain itu, leluhur masyarakat Indonesia juga memanfaatkan daun sirih sebagai kinang, untuk membuat gigi tetap utuh meski usia sudah sepuh.

Dalam hal kecantikan, daun sirih belum terlalu banyak dimanfaatkan. Karena bisa dibilang aromanya sangat khas dan cukup menyengat. Padahal, banyak sekali lho manfaat kecantikan yang bisa didapatkan dari daun sirih. Yuk cek manfaat kecantikannya seperti berikut.

Menyembuhkan Jerawat

Manfaat kecantikan yang pertama adalah daun sirih memiliki kandungan anti bakterial yang ampuh untuk menyembuhkan jerawat. Buatlah daun sirih ini sebagai pasta, atau ditumbuk halus lalu balurkan ke area yang memiliki jerawat. Supaya lebih ‘manjur’ bisa tambahkan bubuk kunyit. Pakai sampai kering dan lakukan berkala.

Mengurangi Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut bisa karena berbagai hal. Mulai dari stres, akar rambut rapuh, sampai kesalahan memilih shampo. Nah, daun sirih ini bisa dimanfaatkan untuk memperkuat kembali akar-akar rambut. Haluskan beberapa lembar daun sirih lalu tambahkan minyak wijen atau minyak urang aring, lalu aplikasikan di kulit kepala dan biarkan satu jam. Basuh rambut seperti biasanya, jika memungkinkan gunakan shampo yang ringan.

Baca juga: Bahan-bahan Alami yang Ampuh Usir Keputihan

Mengurangi Kemerahan atau Peradangan Pada Kulit

Saat terkena sinar matahari kulit memerah dan terasa terbakar. Jika kamu memiliki banyak daun sirih, rebus saja. Tunggu air menjadi dingin lalu basuhkan ke wajah. Perlahan-lahan kemerahan di wajah akan berkurang.

Mencerahkan Kulit

Tidak Hanya untuk Organ Kewanitaan, Ini Deretan Manfaat Kecantikan dari Daun Sirih
Foto: Pixabay/ Maya A. P 

Manfaat lainnya dari daun sirih adalah mencerahkan kulit. Lembutkan beberapa lembar daun sirih, setelah jadi pasta aplikasikan ke wajah, biarkan selama kurang lebih 15 menit. Jika dilakukan secara teratur, kulit akan menjadi lebih cerah, kotoran dan sel-sel kulit mati terangkat dengan mudah.

Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut memang sangat mengganggu. Kamu bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengusir bakteri di dalam mulut. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Yakni dengan langsung mengunyah daunnya, tentu rasanya akan sedikit tidak enak. Bisa juga berkumur dengan air rebusan daun sirih.

Banyak juga kan kegunaan daun sirih untuk kecantikan. Daun ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, mudah ditanam di pekarangan rumah. Jadi, jika memilikinya lakukan perawatan alami dengan teratur.

 

Sumber: india.com, indiatimes 

Must Read

Related Articles