OUR NETWORK

Etika yang Perlu Dilakukan saat Meninggalkan Hotel

Meski sekarang ini traveling sudah jauh berkurang sebelum masa pandemi, meski begitu banyak orang yang memilih untuk menginap di hotel. Untuk keperluan kerja atau staycation saat akhir pekan. Nah, etikanya jika datang dalam kondisi baik, seharusnya pulang dalam kondisi yang kurang lebih sama. Memudahkan para pekerja hotel dalam melakukan pekerjaanya.

Berikut ini etika-etika yang perlu untuk dilakukan menurut Stephanie Land, penulis buku best seller berjudul Maid, saat meninggalkan hotel atau tempat penginapan. Serta beberapa tips dari ahli lainnya.

Lakukan Pembersihan Ringan

Etika yang Perlu Dilakukan saat Meninggalkan Hotel
Foto: hotelnewresource.com

Tidak perlu sampai menyapu lantai atau melakukan pembersihan yang menyeluruh. Tapi memang ada beberapa hal dasar yang perlu dilakukan supaya memudahkan para pekerja hotel. Mulai dari membersihkan rambut sendiri di wastafel atau di kamar mandi, memasukkan sampah ke tempat sampah, dan siramlah toilet sebelum meninggalkannya.

Mengumpulkan Handuk di Satu Tempat

Handuk merupakan satu hal yang banyak ditawarkan oleh hotel mewah. Handuk sendiri beragam kegunaanya, mulai dari untuk rambut, badan, kaki, dan lain sebagainya. Guna memudahkan para pekerja hotel, ada baiknya kumpulkan menjadi satu handuk-handuk yang telah digunakan, tidak perlu ditata. Supaya mereka bisa langsung mengambilnya nanti.

Khusus handuk yang basah, kumpulkan saja di kamar mandi. Supaya tidak menjadi pekerjaan tambahan bagi pengelola hotel.

Baca juga: Etika Meeting via Zoom yang Perlu Kamu Tahu

Pindahkan Perabotan ke Asalnya

Etika yang Perlu Dilakukan saat Meninggalkan Hotel
Foto: rd.com

Jika kamu liburan atau menginap di hotel bersama dengan buah hati, terkadang memindahkan beberapa perabotan untuk keamanan dan lain sebagainya. Lebih baiknya, selalu atur ke posisi semula sebelum meninggalkan hotel.

Pertimbangkan untuk Memberi Tip

Suzanne Markham-Bagnera, mantan manajer umum hotel dan asisten profesor klinis di Sekolah Administrasi Perhotelan Universitas Bostons menyarankan untuk memberikan tip. Bisa diberikan kepada petugas layanan kamar, bellboy, dan lain sebagainya. Apalagi jika Anda menginap dengan banyak orang, ada baiknya memberikan tip. Perihal besarannya, lebih besar lebih baik.

Melakukan Hal-hal Kecil

Etika yang Perlu Dilakukan saat Meninggalkan Hotel
Foto: rd.com

Memberikan tip merupakan hal yang penting, namun ada beberapa hal kecil yang memudahkan para pekerja hotel. Misalnya saja melepaskan sprei dan sarung bantal dan tinggalkannya di seberang pintu kamar mandi. Ambil sampah dari bawah meja atau kasur letakkan di tempatnya, tata kembali setrika, letakkan remot TV di tempatnya, bukalah tirai, dan lain-lain.

Tapi tidak untuk membereskan tempat tidur ya, ini merupakan tugas para pekerja hotel. Jika ingin mengambil makanan di kulkas, silahkan tidak perlu berpikir untuk memberikan tip berupa makanan atau minuman di kulkas. Ada banyak hotel yang memiliki peraturan pekerjanya tidak boleh mengambil barang-barang dari kulkas.

 

Sumber: Lifehacker, RD

Must Read

Related Articles