OUR NETWORK

4 Godaan Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Puasa adalah bulan di mana semua amalan baik akan dilipatgandakan dan amalan buruk yang tidak diwujudkan akan dimaafkan. Bulan puasa tak berarti kita bebas ujian dan godaan ya, Ladies. Makin banyak ujian dan cobaan yang dilalui, semakin berkualitas pula puasa dan keimanan kita. Eits, melaluinya juga harus dengan sabar dan ikhlas ya! Berikut ini beberapa godaan terbesar dan terberat saat lagi berpuasa dan tips pintar bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak informasi lengkapnya!

1. Sekuat tenaga menahan haus dan lapar

Foto: tampilsehatcantik.com

Godaan yang paling klise orang sedang puasa itu nahan lapar dan haus. Ketika pasukan cacing di perut udah mulai pukul-pukul gendang, saat itulah kita merindukan iklan sirup Marjan. Oh my God! Mungkin untuk sebagian orang dewasa lapar dan haus bukan menjadi godaan yang berarti, tapi bagi yang lainnya,lapar dan haus bisa jadi salah satu godaan terberat. Ditambah lagi cuaca di Indonesia yang panas dan bawaannya pengen minum yang seger-seger.

Tips untuk mengatasi haus dan lapar

Nah buat kamu yang gampang lapar, ketika berbuka puasa dan sahur dianjurkan untuk makan-makanan yang banyak mengandung fiber atau serat serta protein. Makanan yang banyak mengandung dua zat tersebut terbukti secara klinis mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jadi, nggak gampang lapar. Selain itu, protein sebagai sumber tenaga sehingga kita tak akan mudah merasa lemas meskipun sedang puasa dan menjalani aktivitas harian.

2. Lapar mata

Foto: tribunnews.com

Ladies, pernahkah kamu merasa ingin membeli banyak jenis makanan saat menjelang buka puasa? Jika ya, berarti kamu sedang lapar mata, bukan lapar perut. Orang lapar emang bawaanya pengen makan banyak, apalagi saat Ramadhan aneka jajanan, minuman, dan makanan pun banyak dijual. Pas banget tuh! Apalagi yang jual takjil bisa sepanjang jalan. Alhasil, orang lapar mata akan kalap dan beli banyak makanan dan akhirnya malah nggak dihabiskan.

Tips untuk mengatasi godaan lapar mata

Lapar perut bisa diatasi dengan makan dan atau minum, nah kalo yang laper matanya? Cara utama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari lapar mata adalah menanamkan pengertian pada diri sendiri bahwa beberapa makanan saja akan cukup untuk membuat kenyang. Kekenyangan bisa membuat malas saat tarawih. Dan, kurangi ngabuburit ke tempat-tempat yang banyak penjual makanan takjil. Hehe. Pilih menu yang benar-benar kamu inginkan dan yakin bisa kamu habiskan, supaya makannya nggak terbuang.

3. Gosipin orang

Foto: portalsatu.com

Salah satu kebiasaan buruk yang sangat sulit dihindari ketika puasa adalah ngegosipin orang lain. Apalagi jika sudah ngumpul sama temen satu geng. Pasti ada aja yang dibicarakan. Paling enak tuh jika ada informasi baru untuk jadi bahan rumpi. Lapar pun tak terasa, sudah kenyang karena terlalu asyik gosipin orang lain. Hayo, yang suka ngegosip nggak usah angkat tangan!

Tips biar kita nggak suka gosip dan ngomongin orang

Hal yang bisa kamu lakukan adalah menghindari berkumpul dengan siapa saja yang dapat predikat ‘biang gosip’. Bisa dipastikan jika kamu dekat dengan mereka kecil kemungkinan untuk selamat dari godaan ngomongin atau gosipin orang. Dan saling mengingatkan kalau lagi kumpul bareng teman-teman. Biasanya kalau ada kabar baru, ujung-ujungnya lanjut bergosip…

4. Bawaan emosi yang harusnya nggak dituruti

Menurut penelitian kesehatan, orang yang lapar akan mudah emosi dan cenderung mudah marah akan sesuatu. Itu karena pasokan glukosa yang masuk ke otak berkurang (hiploglikemik) sehingga kemampuan diri untuk mengontrol tempramen negatif berkurang. Selain itu, rendahnya produksi serotonin bisa membuat  orang mudah tersinggung dan akhirnya marah.

Tips agar tak mudah emosi saat puasa

Menurut penelitian, untuk mengurangi naiknya tempramen emosi negatif seseorang bisa dilakukan dengan menambah konsumsi makanan yang mengandung gula. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa akan menghindari kita dari kekurangan gula darah yang bisa menyebabkan emosi. Selain itu, makanan berportein mengandung banyak asam amino yang sangat baik untuk mensintesis serotonin sehingga hormon bahagia akan lebih banyak.

Tarik napas, luruskan niat, dan semangat terus ya puasanya…

Sumber: kaskus, beritaunik

Must Read

Related Articles