OUR NETWORK

Bruno Mars Menyumbangkan $1 Juta untuk Membantu Penanganan Krisis Air Kota Flint

bruno mars menyumbangkan $1 juta krisis air flint

Bukan hanya di Indonesia, di Amerika Serikat pun, beberapa kotanya mengalami krisis air bersih, salah satunya adalah Kota Flint di Michigan. Sudah sejak lama penduduk Flint mengeluhkan air mereka yang berbau dan berwarna aneh.

bruno mars menyumbangkan $1 juta krisis air flint
Air tanahnya kayak bajigur gitu masa… ? Foto: CNN

Bahkan, terdapat kandungan timbal yang cukup tinggi dalam darah mereka, yang berarti, anak-anak Flint berisiko menderita berbagai penyakit akibat keracunan timbal, termasuk kerusakan otak permanen.

bruno mars menyumbangkan $1 juta krisis air flint
Foto: DailyMail.co.uk

Namun, pemerintah negara bagian Michigan tidak melakukan apapun untuk menolong warganya.

Rusaknya air minum warga dimulai dari tahun 2014 silam, saat pejabat setempat mengubah sumber pasokan air dari Danau Huron ke Sungai Flint untuk menghemat anggaran. Namun, pipa air yang digunakan tidak menggunakan pelindung antikorosif, akibatnya, air korosif meluluhkan timbal dari pipa-pipa lama yang digunakan. Akhirnya, sistem pasokan air pun terkontaminasi timbal.

bruno mars menyumbangkan $1 juta krisis air flint
Foto: materialsperformance.com

Bencana yang menimpa Flint ini sudah menarik simpati beberapa selebriti, salah satunya adalah Bruno Mars. Pelantun ‘24K Magic’ ini bahkan menyumbangkan uang sebesar $1 juta atau sekitar Rp13 miliar untuk menolong penduduk Flint. Dalam tur dunia 24K Magic-nya di Auburn Hills, Bruno Mars mengajak warga Amerika Serikat untuk turut membantu penduduk Flint.

“Sebagai manusia, khususnya sebagai seorang penduduk Amerika, kita harus berjuang bersama untuk memastikan bahwa bencana seperti ini (krisis air di Flint) tidak terjadi lagi di manapun.”

Donasi dari peraih lima piala Grammy ini akan dipercayakan kepada The Community Foundation of Greater Flint, sebuah badan amal lokal yang bekerja sama dengan organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk memperbaiki kehidupan dan kesehatan korban krisis air. Organisasi tersebut juga membantu berbagai UKM lokal Flint.

Kedermawanan Bruno Mars ini tentu saja mendapatkan apresasi positif dari warganet.

Setelah mengunggah swafoto di Instagram dengan caption, God bless you Michigan,” kolom komentar akun penyanyi berusia 31 tahun ini langsung dibanjiri pujian. Ada yang memuji kemurahan hatinya, ada juga yang salah fokus ke senyum dan lesung penyanyi kelahiran Hawaii ini. Hmm…

God bless you Michigan!

A post shared by Bruno Mars (@brunomars) on

Sebelum Bruno Mars, beberapa selebriti lain seperti Cher, Big Sean, Pearl Jam, Meek Mill, Matt Damon, Jimmy Fallon, Eminem dan pemain BFL Brandon Carr pun turut membantu Kota Flint dengan menyumbangkan sejumlah uang dan air kemasan. Seperti harapannya Bruno Mars, semoga krisis ini cepat ditemukan solusinya nggak ada lagi kejadian kayak gini.

 

Sumber: Refinery29, Foto cover: rollingstone.com

Comments

Loading...