OUR NETWORK

Susah Tidur? Yuk Coba 8 Tips Cepat Tidur di Bawah Ini

Apakah Ladies pun kesulitan untuk tidur di bahwa pukul sepuluh malam? Tenang saja, Ladies tidak sendiri kok. Seiring bertambahnya usia dan tanggung jawab, tidur perlahan menjadi kemewahan yang sulit untuk dimiliki banyak orang. Padahal, cukup tidur merupakan kunci dari kesehatan tubuh dan juga jiwa. Yup, bukan hanya organ tubuh saja yang akan bermasalah saat Ladies kekurangan tidur, tetapi juga kesehatan mental Ladies.

Ingin tahu beberapa tips yang dapat membantu Ladies cepat tidur? Simak ulasannya di bawah ini, Ladies.

1. Rendahkan suhu kamar.

Suhu tubuhmu akan berubah saat tertidur. Suhu inti tubuh akan menurun, sementara suhu tangan dan kaki akan meningkat. Apabila kamar Ladies memiliki suhu terlalu hangat, kemungkinan besar Ladies akan kesulitan tidur. Ladies bisa menurunkan suhu kamar hingga 15-23 derajat Celsius dengan bantuan kipas angin ataupun AC. Namun jangan sampai angin dingin dari kipas angin dan AC tersebut terpapar langsung ke tubuh ya. Selain itu, penggunaan kaus kaki dan kebiasaan mandi air hangat sebelum tidur pun akan membantu Ladies cepat tidur.

2. Metode pernapasan 4-7-8.

Metode pernapasan 4-7-8 berguna untuk merelaksasi sistem saraf sehingga tubuh pun akan lebih tenang. Metode ini sangatlah sederhana tetapi cukup ampuh loh Ladies. Jika diterapkan setiap hari, metode ini akan membantu Ladies untuk tidur lebih cepat. Cara penerapan metode 4-7-8 adalah sebagai berikut,

  1. Buang napas sepenuhnya melalui mulut dengan mengeluarkan suara “whooossshhh”.
  2. Tutup mulut dan tarik napas perlahan melalui hidung sambil menghitung sampai empat.
  3. Tahan napas kemudian hitung sampai tujuh.
  4. Buka mulut perlahan dan sedikit saja, kemudian hembuskan napas sampai habis sambil mengeluarkan suara “whooossshhh” lagi sampai hitungan ke delapan.
  5. Tarik napas lagi, dan ulangi dari langkah pertama hingga Ladies merasa tenang dan siap untuk tidur.

3. Hindari tidur siang.

via GIPHY

Kesulitan tidur di malam hari akan membuat Ladies menjadi mengantuk sepanjang siang hari. Akhirnya, Ladies pun tidak tahan untuk tidak tidur. Sebetulnya tidur siang selama kurang dari satu jam diyakini dapat membantu tubuh lebih bertenaga lagi setelah beraktivitas sepanjang pagi. Namun, tidur siang yang panjang (lebih dari dua jam) dan tidur siang yang terlalu sore akan membuat Ladies kesulitan tidur ataupun mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang rutin tidur siang terbukti memiliki kualitas tidur yang lebih rendah, gejala depresi, keterbatasan aktivitas fisik, dan kemungkinan besar untuk menderita kelebihan berat badan. Namun, ada juga penelitian yang mengungkapkan bahwa tidur siang tidak berefek apa-apa bagi tidur malam. Untuk mengetahui apakah tidur siang dapat memengaruhi kualitas tidur Ladies, cobalah untuk menghindari tidur siang atau membatasi waktu tidur siang (30 menit atau kurang).

4. Olahraga seperlunya.

via GIPHY

Aktivitas fisik seperti olahraga diyakini dapat memperbaiki kualitas tidur. Tidak salah memang sebab olahraga dapat membantu produksi hormon serotonin serta menurunkan level kortisol. Namun, sangat penting bagi Ladies untuk olahraga dengan rutin dan bijak agar tubuh tidak tereksploitasi. Memang segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik ya, Ladies. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa berolahraga di pagi hari jauh lebih baik dan menyehatkan daripada di sore hari. Jadi Ladies yang hobi jogging ataupun senam di pagi hari boleh banget meneruskan kebiasaan sehat tersebut ya. ?

5. Matikan semua alat elektronik.

Penggunaan gawai secara berlebihan ternyata dapat membuat penggunanya kesulitan untuk tidur dan memiliki tidur berkualitas loh Ladies. Oleh sebab itu, matikan dan jauhi semua gawai yang akan mendistraksimu dari rasa kantuk. Kalau Ladies tergoda untuk stalking akun media sosial teman ataupun artis, tunda saja sampai siang hari. Mendapatkan tidur yang berkualitas jauh lebih penting daripada memuaskan hasrat kepomu hihihi.

6. Batasi konsumsi kafein.

via GIPHY

Kafein dapat ditemukan dalam teh, kopi, cokelat, soda, serta energy drinks, beberapa jenis minuman yang seringkali difavoritkan oleh Ladies untuk memulai pagi. Sayangnya, kafein dapat berefek negatif bagi tubuh karena dapat membuat tubuh kesulitan beristirahat. Apabila Ladies ingin cepat tidur di malam hari, berhenti mengonsumi kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Sebagai gantinya, Ladies bisa minum minuman yang menenangkan seperti air mineral hangat atau susu hangat.

7. Mempraktikkan acupressure.

Acupressure adalah bentuk akupuntur yang lembut karena tidak melibatkan jarum. Ladies hanya perlu menekan-nekan beberapa titik tubuh untuk menstimulasi sistem tubuh lain. Setidaknya ada empat titik yang diyakini dapat membantu Ladies untuk lebih cepat tidur, yaitu hand valley point, base of thumb point, wind pool point, dan bright light point. Untuk informasi lebih lengkapnya, Ladies bisa cek di sini.

8. Membaca.

Ini adalah trik jadul yang tampaknya masih efektif hingga sekarang. Membaca dapat membuat mata lelah sehingga cepat mengantuk. Namun pastikan Ladies membaca buku dalam bentuk kertas ya, bukan dalam bentuk elektronik.

Selamat mencoba, Ladies.

 

Sumber: Healthline, Foto cover: enterpreuneur.com

Must Read

Related Articles