OUR NETWORK

Trik dan Tips Menagih Utang ke Teman

Di dunia ini, kita pasti memiliki banyak jenis teman. Ada teman yang baik, jail, suka traktir, dan ada pula yang suka ngutang. Nah, ini nih yang terakhir antara enak dan nggak enak. Iya, kalau teman suka ngutang dan ngembaliinya juga gampang. Nah kalau enggak kan yang susah kita sendiri. Kita seringkali merasa dilema, mau ngasih pinjam, tapi kok nantinya susah ditagih, atau kadang menghilang begitu aja tanpa kabar. Dan kalau nggak dikasih kok nggak enak dan kasihan, akhirnya dengan berat hati akhirnya dikasih deh…

Bagi kamu yang memiliki tipe teman yang kalau ngutang susah ditagih lain kali gak usah dipinjemin lagi deh. Kalau udah terlanjut ngasih utang, ada lho cara-cara elegan yang sebenarnya nagih utang tapi nggak keliatan. Apa itu, simak berikut ini ya…

Pura-pura Nggak Bawa Dompet

“Dompetku kosong nih… Bayarin dulu yaaa…” Foto: netdna-cdn.com.

Saat kamu jalan bareng sama dia yang ngutang dan sulit ditagihnya, pura-pura aja pas jalan bareng misalnya makan gitu, dompetmu ketinggalan. Nah, gunakan momen ini untuk menagih hutang dengan cara terselubung. Kamu bilang aja sama dia untuk bayarin dulu dan akan dipotong dari utangnya. Selain ketinggalan dompet banyak juga alasan lainnya, bisa nggak bawa ATM, belum ambil uang atau yang lainnya, pintar-pintar kamu aja ya.

Sindir Secara Halus

Jika kamu tipe orang yang pemalu buat nagih hutang ke teman, sindir dengan cara yang halus. Misalnya saja pas hangout bareng sama teman-teman, angkat topik betapa menyebalkannya orang-orang yang susah ditagih utangnya. Tapi santai aja ya jangan bawa-bawa nama, stay cool biarkan si dia ngerasa sendiri hahaha… Biar dia juga tahu kalau kamu sebal sama mereka yang susah ditagih utangnya.

Tagih Secara Langsung

“Senang bertransaksi dengan Anda.” Foto: express.co.uk.

Jika disindir halus sudah tidak mempan, sepertinya kamu perlu ‘hantam’ langsung dengan mengihnya. Antara enak ga enak sih, tapi kalau utang itu jumlahnya banyak dan udah lama nggak dibayar-bayar kan kamu sendiri yang rugi. Kecuali kamu sudah mengikhlaskan ya. Tapi nggak ada salahnya untuk berusaha menagihnya terlebih dulu, ladies. Siapa tahu dia beneran lupa. Jika dia masih saja susah disuruh bayar hutang, minta bantuan keluarganya. Ini merupakan jalan terakhir yang bisa kamu lakukan supaya uangmu cepat kembali.

Ambil Pelajaran

Jika kamu sudah pernah merasakan susahnya si dia buat membayar utangnya, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran. Jangan lagi-lagi di masa depan meminjami uang kepadanya. Saat dia memohon kepadamu untuk meminjaminya uang, tolak dengan berbagai cara. Bukannya mengajari jadi jahat ya, tapi.. bagaimana saat kamu sedang membutuhkan uang itu dan dianya susah untuk diminta? Yasudah, mending jangan dikasih lagi.

“Sorry, bro. Bukannya nggak sayang. Habis lo gitu sih…” via GIPHY

Memang buat kamu yang gak enakan, menolak teman yang mau berhutang merupakan hal yang sulit ya. Tapi jika kebaikanmu itu malah dimanfaatkan, siapa yang rugi coba?

Sumber: Hipwee

 

Comments

Loading...