OUR NETWORK
Tak Perlu Tunggu Kaya, Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Membahagiakan Orang Tua

Setiap anak pasti ingin melihat orang tua yang sangat disayanginya bahagia. Bahkan sederhana, hanya ingin melihat senyum di wajah beliau. Beragam usaha pun dilakukan demi membahagiakan orang tua, meskipun kadang tetap ada satu atau dua hal yang membuat orang tua marah, kecewa, atau bahkan benci. Beberapa mungkin berpikiran bahwa dengan menjadi kaya dan berkedudukan tinggi bisa membahagiakan beliau. Tapi perlu diingat, bahkan bahagia lebih sederhana dari itu.

Tak perlu tunggu jadi kaya atau jadi orang terpandang untuk bahagiakan orang tua. Lakukan hal-hal sederhana berikut ini agar orang tua kamu selalu merasa bahagia.

Jangan langsung membantah perkataan orang tua

Foto: womansday.com

Kadang, apa yang orang tua katakan dan nasihatkan pada kita berseberangan dengan apa yang kita percaya. Terkadang bisa juga karena perbedaan gaya berpikir sehingga tak jarang kita memberi orang tua label ‘kolot’. Karena dua hal itu, tak jarang menjadi penyebab anak membantah. Ketika kamu membantah, di saat itulah kamu membuat beliau sedih. Ingatlah, semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Jangan langsung membantah meskipun apa yang beliau katakan belum tentu benar menurut pendapatmu. Cari waktu yang tepat, ketika kalian bisa berpikiran dengan ‘dingin’, dan sampaikan pendapatmu.

Luangkan waktu untuk quality time bersama orang tua

Foto: sheknows.com

Semakin bertambah usia, semakin kita sibuk dan bertambah beban. Namun seharusnya itu tak menjadi alasan buat kamu untuk meluangkan waktu bersama orang tua. Dengan meluangkan waktu paling tidak seminggu sekali untuk jalan-jalan bersama, ngobrol dari hati ke hati, beliau akan merasa diperhatikan oleh anaknya. Tak harus membawa beliau ke restoran mewah atau berlibur ke luar negeri. Wisata dan tempat makan sekitar pun bisa kamu jajal bersama. Sebisa mungkin setelah beraktivitas, luangkan waktu untuk berbincang dengan mereka, jangan selalu terpaku pada gadget.

Selalu memberi kabar saat berjauhan dengan orang tua

“Iya, Ma, udah makan kok. Mama jangan lupa minum obatnya yaaa…” Foto: express.co.uk

Semua orang tua pasti berat untuk berpisah dengan anaknya meskipun sang anak sudah cukup dewasa. Di mata beliau, berapapun usiamu, kamu tetaplah putra-putri kecil bagi mereka. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memberi kabar terlebih dahulu jika kamu berada jauh dari orang tua. Dengan demikian, beliau tak akan khawatir lagi dan bisa lebih percaya padamu. Jika tak bisa telepon, cukup kirim pesan singkat saja. Kabarkan bahwa kamu baik-baik saja di sana dan tanyakan juga kabar serta aktivitas mereka.

Sempatkan membantu orang tua saat libur

Foto: rockingmama.id

Saat akhir pekan, jangan bangun siang terus dong, Ladies! Wake up! Bantulah ibu dan ayahmu menyelesaikan pekerjaan mereka. Mulailah dengan merapikan rumah, membersihkan halaman, mencuci kendaraan mereka. Kamu juga bisa membantu memasak di dapur. Atau, membantu menyiapkan keperluan atau perlengkapan ayah atau ibumu. Dengan begitu, orang tua akan senang karena merasa anaknya perhatian pada beliau.

Gampang, kan? Orang tua kita juga pasti mengerti kalau kita belum bisa memberikan hadiah-hadiah indah buat mereka. Selagi kita berusaha menjadi anak yang baik dan berprestasi, tunjukkan kasih sayang kita dengan hal-hal ini. 🙂

Sumber: Hipwee,  Foto cover: Vemale

Comments

Loading...

REKOMENDASI