OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Lakukan Hal ini Saat Menyampaikan Pendapat untuk Menghindari Konflik

Menyampaikan pendapat, diperlukan kehati-hatian untuk menghindari konflik. Perbedaan pendapat sering menjadi pemicu terjadinya konflik. Hal ini yang membuat menyatakan pendapat bisa tampak menakutkan. sehingga, ini menjadi salah satu alasan banyak yang mengurungkan niatnya untuk berpendapat.

kita merasa takut akan reaksi orang lain ketika berpendapat dan menjadi alasan untuk menghindari konflik. dibandingkan mengurungkan niat untuk berpendapat, lebih baik mengetahui cara terbaik untuk menyampaikan pendapat agar tidak terjadi konflik, yuk simak!

Apa sih yang menyebabkan konflik saat menyampaikan pendapat?

Keributan saat menyampaikan pendapat
Sumber: istockphoto.com

Perbedaan pendapat merupakan sesuatu yang wajar, karena setiap orang memiliki pemikirannya masing-masing. Namun, sering kali ini menjadi sesuatu yang menghasilkan konflik diantara mereka. Sebelum berpendapat, kamu harus mengetahui hal-hal yang dapat menimbulkan konflik.

Beberapa hal yang dapat menimbulkan konflik saat berpendapat, yaitu komunikasi yang buruk, perbedaan nilai, dan pribadi yang terlalu kompetitif. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu lawan bicara yang kamu ajak diskusi. Sehingga, kamu bisa mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan saat menyampaikan pendapat untuk menghindari konflik.

Baca juga: Tips Sederhana Akhiri Konflik dalam Hubungan Menurut Ahli

Apa yang harus dilakukan saat menyampaikan pendapat agar tidak terjadi konflik?

hindari koflik saat menyampaikan pendapat
Sumber: pexels.com

Tidak ada yang menang dalam pertarungan akibat perbedaan pendapat. Mencegah lebih baik daripada mengobati, konflik yang terjadi dapat kamu hindari dengan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan saat menyampaikan pendapat.

1. Kendalikan emosi

Saat kamu sedang berdiskusi dan ingin menyampaikan pendapat. Ada baiknya untuk menjadi pendengar yang baik dan sabar. Dengarkan baik-baik pendapat orang lain. Jika kamu tidak setuju dengan pendapatnya, kamu harus bisa mendiskusikannya tanpa bersikap seperti menyalahkan lawan bicaramu. Sehingga, kamu bisa menemukan solusi yang terbaik dari diskusi tersebut.

2. Berpikir sebelum berbicara saat menyampaikan pendapat

Berpikirlah sebelum kamu berbicara saat hendak berpendapat. Kamu bisa memilih kata-kata yang sesuai dan menyampaikannya dengan intonasi yang lembut. Sehingga, kamu tidak merusak suasana apabila terdapat perbedaan pendapat di dalamnya. Kamu bisa menyesuaikan diri dan memilah bagaimana mengatasi perbedaan pendapat tersebut.

3. Sampaikan pendapat secara spesifik dan tidak bertele-tele

Kesalahpahaman juga dapat menyebabkan konflik, sehingga kamu harus menyampaikan pendapat kamu secara jelas dan tidak bertele-tele. Saat berpendapat kamu tidak perlu memainkan kata-kata agar mudah dimengerti dan tidak terjadi kesalahpahaman. Lakukan cross check dengan lawan bicara, apakah mereka sudah  mengerti maksud yang ingin kamu sampaikan. 

4. Menghormati pendapat orang lain

Setiap orang memiliki hak untuk mengekspresikan pandangan dan pendapatnya. Maka dari itu, kita harus bisa menghormati segala pendapat yang mereka sampaikan. Sehingga, kamu juga dapat dihormati oleh lawan bicaramu.

Namun, jika terjadi konflik saat berpendapat, kamu bisa menyelesaikannya secara terbuka untuk menghindari konflik yang berkepanjangan. Dengarkanlah pendapat masing-masing, lalu ambil keputusan dengan pikiran yang tetap tenang.

5. Pemikiran terbuka dengan menerima kritikan

Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar, tidak ada yang benar maupun salah karena setiap orang memiliki pemikiran masing-masing. Namun, bukan berarti kamu tidak menerima ketika banyak yang mengkritikmu. Terimalah dan Jangan merasa bersalah jika banyak yang mengkritik. Ini menjadi langkah untuk menjadi orang yang berpikiran terbuka dengan menerima masukan orang lain saat menyampaikan pendapat.

Beberapa langkah tersebut dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya konflik saat ingin menyampaikan pendapat. Kamu tidak perlu memendam pendapatmu ketika merasakan perbedaan dari pendapat orang lain. Sekarang katakanlah pendapatmu dengan lantang ya, Ladies!

 

Sumber: managementstudyguide

Must Read

Related Articles