OUR NETWORK
Aturan Tak Tertulis Saat Kita Ngobrol di Group Chat
aturan tak tertulis ngobrol di group chat

Ladies, jaman sekarang siapa sih yang nggak punya group di media sosial? Sepertinya semua orang punya ya. Bisa di WhatsApp, BBM, Line, Slack, atau lain sebagainya. Memang kehadiran group di media sosial ini mempermudah kita buat sharing apapun. Ada group kerja, kelas, besties, sampai grup konyol nggak jelas. Meskipun group kebanyakan bersifat santai, ternyata ada aturan-aturan yang perlu untuk kamu pahami lho Ladies.

Curhat Gak Jelas

Jika yang berada di group itu hanya orang-orang terdekat, misalnya saja geng sahabat nggak apa-apa sih kamu curcol sana- sini. Tapi ingat-ingat ya Ladies, jika kamu dalam satu group besar, misalnya saja untuk tujuan pekerjaan, jangan sampai over sharing ya. Bisa-bisa anggota group akan terganggu dan menganggapmu sebagai si drama queen yang haus akan perhatian. Maka dari itu jangan berlebihan ya.

Hindari Bombardir Group dengan File Besar

Aturan lainnya adalah jangan sesekali memborbardir group dengan file besar, kecuali itu memang penting dan diminta banyak orang ya. Kenapa? Karena setiap orang memiliki bandwidth internet dan waktu free sendiri-sendiri. Maka dari itulah jika selama ini kamu sering memborbardir group dengan file-file berukuran raksasa, bertobatlah. Haha.

Jaga Reputasi Diri

aturan tak tertulis ngobrol di group chat
Foto: psychologies.co.uk

Tidak mempermalukan diri dengan mengirimkan hoax, menjatuhkan orang lain, menuliskan hal-hal yang tidak bermanfaat. Ingat ya Ladies, terlalu banyak mengirimkan chat di group bisa jadi bumerang untuk diri sendiri. Nah, bagi kamu yang selama ini selalu share hal yang masih belum jelas sumbernya di group chatting ada baiknya diminimalisir ya. Memang awalnya sulit, tapi lama-lama juga akan terbiasa kok.

Aturan Screenshot Room Chat

Ada kalanya isi chatting di group sangat menarik sekali buat di-screenshot. Tapi, gini lho Ladies itu milik umum ya. Kalau nanti anggota group ada yang tak berkenan bagaimana? Ada baiknya jika ingin screenshot mintalah izin terlebih dahulu pada anggota lainnya. Meskipun niatnya cuma buat lucu-lucuan aja, tapi nggak asik banget kan nanti hubungan pertemanan jadi renggang hanya gara-gara masalah sepele screenshot doang, ya nggak?

Berani Tegur Jika Terlalu Melenceng

Seperti obrolan di dunia nyata, jika merasa tak nyaman dengan isi chat, lebih baik menegurnya. Biasanya, group dibuat untuk tujuan tertentu, pekerjaan misalnya. Nah, kalu sudah menyangkut hal-hal pribadi kamu bisa menegurnya. Tapi jika anggota group lainnya nggak masalah dengan hal itu, kamu sendiri yang perlu memutuskannya, pilih stay atau left.

Satu hal lagi ya Ladies, hormati privasi orang lain. Jika kamu ingin mengundang orang lain ke group, ada baiknya untuk izin ke anggota yang lain. Begitu pula ke orang yang mau kamu invite. Jangan lupa lakukan aturan-aturan di atas agar pertemananmu di group chatting tetap lancar dan nyaman ya.

Sumber: Femina, GoGirlmagz, Foto cover: redorbit.com

Comments

Loading...