OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Viral Lentikkan Bulu Mata dengan Pengering Rambut, Apakah Aman?

Netizen TikTok memang tidak ada habisnya menciptakan sejumlah hack yang bisa kita coba. Tips membersihkan peralatan rumah tangga, desain, hingga kecantikan dengan bahan-bahan yang tidak biasa. Tapi ternyata, tidak semua tips mendapat anggukan persetujuan dari masyarakat, Ladies, seperti video hack keriting bulu mata dengan pengering rambut.

Video hack yang memperlihatkan pemanasan bulu mata dengan pengering rambut ini masih menjadi perdebatan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Sebagian besar netizen TikTok beranggapan bahwa hack ini merupakan solusi yang baik untuk mendapatkan ikal yang tahan lama. Dalam hal ini, menggunakan pengering rambut untuk membuat bulu mata menjadi sangat lentik. Namun, sebagian netizen lainnya mempertanyakan, apakah cara ini aman?

Salah satu pengguna TikTok dengan akun @sophiamasterton, memposting video berdurasi 42 detik pada 10 November lalu. Dalam video tersebut, ia menunjukkan tipsnya mengeriting bulu mata dengan pengering rambut untuk mendapatkan hasil akhir yang mengembang dan bervolume. Dengan waktu yang singkat, ia memuat setiap langkah yang terbilang cukup rumit.

Pertama, ia membasahi bulu mata dengan air sebelum memanaskannya. Kemudian, ia mengambil pengering rambut dan mengatur tingkat panasnya ke bagian “dingin”. Setelah itu, pengeringan dimulainya dari bawah ke atas. Teknik blow drying ini diulanginya lagi setelah melapisi bulu mata dengan eyelash primer. Lalu, setelah mengoleskan L’Oreal Paris’s Telescopic Mascara in Carbon Black, ia mengeringkan kembali bulu mata untuk ketiga kalinya. Sekali lagi ia menambahkan lapisan maskara sebelum mengeringkan keempat kalinya. Voila, ia menampilkan bulu mata badai yang super lentik sebagai hasil akhirnya.

Viral Lentikkan Bulu Mata dengan Pengering Rambut, Apakah Aman?
Sumber: thelashlounge.com

Namun, terlepas dari keberhasilan hack ini, sejumlah dokter justru menyarankan untuk menghindari metode kecantikan TikTok yang satu ini.

Dilansir dari Allure, menurut Dokter mata di Weill Cornell Medicine dan juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology, Ashley Brissette, M.D., metode ini justru dapat memberi efek buruk pada kelopak mata bahkan mata itu sendiri. “Meski menggunakan pengaturan ‘dingin’ pada pengering rambut, masih ada potensi kerusakan pada mata dan kelopak matamu. Ini dapat menyebabkan kekeringan yang signifikan dan bahkan lecet pada kornea yang dapat menyebabkan infeksi, nyeri, dan bahkan kehilangan penglihatan,” jelasnya.

Baca juga: Hati-Hati, Treatment Bulu Mata Bisa Sebabkan Infeksi Kelopak Mata

Senada dengan Brissette, Dokter Kulit yang berbasis di New York, Dendy Engelman, M.D., menambahkan, udara panas yang digunakan juga berpotensi membakar kelopak mata atau bulu mata penggunanya.

Sebagai gantinya, kedua pakar ini menyarankan untuk menggunakan penjepit bulu mata yang telah dipanaskan secara terpisah. “[Penjepit bulu mata] yang dipanaskan memiliki pengaturan keamanan yang tidak melebihi suhu tertentu dan [bila digunakan dengan hati-hati] dapat memberi efek bervolume yang sama tetapi dengan cara yang lebih aman,” ujar Brissette.

Well, setiap alat memiliki fungsinya masing-masing. Demi keamanan tubuh, memang langkah terbaiknya menggunakan alat tersebut pada bagian tubuh yang sesuai dengan pengaturan yang telah ditentukan, ya.

 

Sumber: Allure

Must Read

Related Articles