test
OUR NETWORK

Spacetop dari Sightful Laptop Futuristik dengan Layar Virtual 100 Inci

Dalam langkah yang luar biasa, perusahaan teknologi startup bernama Sightful telah memperbarui konsep laptop tradisional dengan menggantikan layar fisiknya dengan tampilan virtual.

Inovasi terbaru mereka, diberi nama Spacetop, terdiri dari sebuah keyboard yang terhubung dengan sepasang kacamata augmented-reality (AR) NReal yang telah disesuaikan. Dengan mengenakan kacamata ini, pengguna dapat mengalami tampilan AR sebesar 100 inci yang hanya terlihat oleh mereka sendiri.

Dengan begini mereka memungkinkan pembukaan beberapa jendela secara simultan yang melingkar di sekitar lapangan pandang mereka. Mulai dari sini saja, sudah cukup menarik bukan untuk di simak secara lebih dalam lagi, mengenai fitur dan perfomanya.

Spesifikasi dan Fitur yang Disematkan Sightful

Spacetop mungkin bukan laptop terkuat dari segi perangkat keras, karena tampaknya menggunakan komponen smartphone dari sekitar tahun 2020. Tidak heran bila kemampuannya kurang begitu menonjol.

Hanya saja, laptop ini memiliki tenaga dari kombinasi chipset Qualcomm Snapdragon 865, GPU Adren 650, dan RAM sebesar 8GB. Keyboard-nya lebar, dengan ukuran 10,47 inci lebar, 9,8 inci dalam, dan 1,57 inci tinggi (266 x 249 x 10,5 mm).

Berat total laptop ini adalah 3,3 lbs (1,5 kg) tanpa kacamata NReal, dengan tambahan 0,2 lbs oleh kacamata tersebut. Daya tahan baterainya sekitar lima jam dengan sekali pengisian, cukup lama bukan? Selain itu, mereka juga memiliki dua port USB-C dengan dukungan pengisian cepat, serta penyimpanan sebesar 256GB.

Dari sini saja, sudah dapat dipastikan bahwa, generasi ini memang dibuat bagi kamu yang mempunyai mobilitas tinggi. Membutuhkan ruang besar agar proses penyimpanannya mudah dan terjangkau untuk berbagai kebutuhan.

Fungsi dan Performa

Setelah melihat bagaimana spesifikasinya, sekarang saatnya beralih ke perfomanya. Sightful memang tidak sembarangan menambahkan beberapa hal untuk produk terbarunya tersebut. Hanya saja, mereka membutuhkan waktu lebih agar dapat menyempurnakannya menjadi perangkat terbaik.

Meskipun Spacetop unggul dalam memberikan pengalaman AR yang unik, akan tetapi kurang memuaskan dari segi performa secara keseluruhan. The Verge melaporkan bahwa laptop ini mengalami kegagalan awal dalam sesi demonstrasi mereka, membutuhkan reboot.

Proses menggulir jendela dan mengubah ukuran juga terasa begitu lambat, bahkan peramban mengalami kegagalan ketika mencoba memutar video YouTube, yang seharusnya mampu diselesaikan dengan mudah dan tanpa kendala.

Karena masalah performa ini, Spacetop mungkin tidak cocok untuk tugas-tugas yang membutuhkan kinerja tinggi seperti bermain game atau multitasking berat. Hal tersebut memang sangat disayangkan, karena pasar ini mulai tumbuh dan membutuhkan perangkat yang lebih nyata.

Potensi Bekerja Jarak Jauh dan Ketersediaan

Sightful memposisikan Spacetop sebagai solusi baru untuk bekerja jarak jauh seperti yang pernah di alami oleh semua orang waktu pandemi. Meskipun ada kekhawatiran awal terkait performa yang diungkapkan oleh The Verge, pengguna merasa sistem ini menyenangkan untuk digunakan.

Bagi mereka yang mencari laptop ringan dan unik untuk bekerja di mana saja, rasanya Spacetop bisa menjadi pilihan yang layak. Kemampuan sederhananya memang cukup mengesankan beberapa pengguna.

Sightful telah membuat 1.000 unit tersedia untuk pengguna awal melalui situs web mereka, meskipun harga tetap dirahasiakan, dengan laporan yang mengindikasikan harga sekitar $2.000 per unit.

Apakah Indonesia sudah mendapatkannya juga? Sayangnya belum, kita harus bersabar dan berharap ketika masuk pasar dalam negeri sudah banyak perbahan dan pembaharuan. Terutama dari sisi kecepatan performanya, apalagi penduduk Indonesia seringnya bermain game.

Must Read

Related Articles