OUR NETWORK

Sekelompok Gadis Remaja Ciptakan Tenda Bertenaga Surya untuk Tunawisma Tanpa Pengalaman Teknik

Permasalahan mengenai peningkatan tunawisma ternyata tidak hanya dialami Indonesia loh, Ladies. Di Los Angeles, Amerika Serikat sana, jumlah tunawisma meningkat setiap tahunnya. Jika tidak segera diselesaikan, bisa-bisa jalanan semakin banyak dipenuhi oleh para gelandangan. Bukan saja masalah tata kota ataupun ekonomi, tetapi juga masalah kemanusiaan yang dipertaruhkan. Menyadari pelik dan pentingnya permasalahan ini untuk ditangani, sekelompok murid asal San Fernando High School menawarkan sebuah solusi. Meskipun mereka tidak memiliki pengalaman di bidang teknik, tetapi mereka berhasil membuat sebuah tenda bertenaga surya, yang dapat dilipat menjadi ransel! Berkat karya mereka ini, kelompok remaja tersebut meraih pujian dari berbagai belahan dunia.

Foto: boredpanda.com

Proyek ini dikepalai oleh DIY Girls, sebuah organisasi nirlaba yang memberdayakan gadis remaja dari keluarga berpenghasilan rendah di LA, dan mendorong mereka untuk berkiprak di bidang teknologi dan teknik. Evelyn Gomez, direktur eksekutif DIY Girls, mengawasi langsung dan membantu jalannya proyek tersebut. Namun seluruh pengerjaan tenda, dari mulai rancangan, pengeksekusian, dan penyelesaian, dikerjakan oleh anggota tim yang berjumlah 12 orang.

Dengan dibantu video YouTube dan Google, para gadis bekerja sama selama setahun untuk memproduksi tenda.

Total ada tiga teknik yang digunakan, yaitu jahit, coding, dan 3D printing. Jerih payah mereka tidak sia-sia, akhirnya. Tim tersebut memenangkan hibah sebesar $10.000 atau Rp 133 jutaan dari program Lemelson-MIT. Tak hanya itu, mereka pun mempresentasikan penemuan mereka di MIT’s EurekaFest pada 16 Juni lalu.

Ada kisah menarik mengenai perjalanan tim DIY Girls. Mereka hampir saja tidak bisa berangkat untuk presentasi karena tidak ada dana. Namun berkat kampanye GoFoundMe, mereka pun akhirnya mendapatkan donasi lebih dari $18.000! Lebih banyak dari hadiah dari MIT ya hehehe.

Kisah mereka tentu saja menjadi harapan bagi para anak muda lainnya: ada usaha, ada jalan! Ladies mungkin memiliki keterbatasan dana, tetapi jangan sampai Ladies membatasi usaha dan kerja keras. Go girls!

Sumber dan foto: Bored Panda

Comments

Loading...