OUR NETWORK

Instagram Menghapus Filter dengan Efek Seperti Operasi Plastik

Instagram Menghapus Filter dengan Efek Seperti Operasi Plastik
Foto: pexels.com

Instagram memang tempatnya foto-foto cantik di post setiap harinya oleh para selebgram. Sayangnya Instagram juga dapat berpengaruh buruk pada kesehatan mental karena standar kecantikan yang diciptakan oleh komunitasnya tersebut.

Oleh karena itu Ladies, Instagram berbenah diri dan bertekad untuk membuat aplikasi mereka lebih ramah bagi penggunanya. Salah satunya lewat kebijakan mereka yg satu ini, Ladies. Instagram mulai melarang aplikasi-aplikasi filter yang memberi efek seperti habis operasi plastik di platform mereka.

Instagram Menghapus Filter dengan Efek Seperti Operasi Plastik
Foto: pexels.com

Yang dimaksud efek operasi plastik ini, Ladies. Yaitu ketika bibir kamu menjadi besar seolah-olah baru disuntik filter, atau mengubah bentuk hidung kamu menjadi berbeda sama sekali dari aslinya. Sesuatu yang tidak mungkin kamu dapatkan dengan hanya mengaplikasikan concealer dan maskara aja, Ladies.

Baca juga: Coba Trik Ini Untuk Contour yang Alami tetapi Realistis

Hal ini diumumkan oleh Spark AR Creator, perusahaan yang membuat filter untuk sosial media.

Lewat pengumuman di Facebook mereka, Spark AR Creator mengatakan keinginan agar produk mereka memberikan pengalaman yang positif bagi penggunanya. Mereka juga mengevaluasi ulang peraturan dan ketentuan produk mereka terkait kesehatan secara menyeluruh. Oleh karena itu pihaknya menghapus efek seperti operasi plastik dari Instagram Gallery.

Tenang aja Ladies kamu masih bisa memakai filter-filter Instagram seperti filter telinga anjing, telinga kucing, atau beragam desain frame foto. Contoh filter yang dihapus yaitu Plastica, filter yang membuat alis penggunanya naik secara instan dan bibir buatan. Fix Me juga sudah dihapus karena filter ini memberi tanda pulpen di wajah persis seperti wajah yang ditandai untuk operasi plastik, lengkap dengan tulisan ‘lift’ dan ‘fix me’.

Instagram Menghapus Filter dengan Efek Seperti Operasi Plastik
Foto: insider.com

Beberapa bulan lalu juga aplikasi sosial media ini membatasi postingan iklan operasi plastik. Berdasarkan data di tahun 2017, ditemukan persentasi iklan operasi plastik yang cukup besar dari tempat operasi plastik yang tidak bersertifikat.

Pada tahun yang sama juga Instagram dinyatakan sebagai aplikasi berpengaruh terburuk untuk kesehatan mental penggunanya, menyebabkan mayoritas remaja wanita merasa tidak cukup cantik sehingga perlu menggunakan filter dan mengedit foto mereka agar sesuai dengan standar.

Tentunya ini langkah awal yang positif ya, Ladies. Sehingga kita bisa lebih mencintai diri kita sendiri di sosial media juga di dunia nyata. Love myself, love yourself!

 

Sumber: mindbodygreen, the cut

Comments

Loading...