OUR NETWORK

Fitur Speed-Binge di Netflix Undang Kecaman dari Sutradara dan Artis Hollywood

Fitur Speed-Binge di Netflix Undang Kecaman dari Sutradara dan Artis Hollywood
Foto: gritdaily

Akhir Oktober lalu, Netflix membuat geger dengan adanya fitur Speed-Binge. Secara harfiah, fitur ini memang dapat mempercepat atau memperlambat sebuah tontonan. Meskipun fitur speed bukan hal yang baru lagi di berbagai platform streaming, namun untuk Netflix, adanya speed binge justru mendapatkan kecaman.

Android Police menjadi media pertama yang memberitakan mengenai adanya fitur Speed-Binge di aplikasi mobile Netflix Android. Fitur ini memberikan keleluasaan untuk mempercepat atau memperlambat tayangan di Netflix dengan kecepatan 0.5x, 0.75x, 1.0x, 1.25x sampai 1.5x. Tanpa mematikan suara.

Fitur ini tidak berbeda dengan apa yang sudah dimiliki sebagian besar aplikasi podcast dan buku audio dan digunakan oleh beberapa pendengar untuk mengkonsumsi konten lebih cepat (atau, dalam beberapa kasus, memperlambatnya jika mereka kesulitan memahaminya).

Dari sisi pengguna, fitur ini memang sepertinya menarik. Meskipun pada aktor sampai sutradara dari produser Hollywood justru mengecam dengan keras.

Pembuat film Judd Apatow (Knocked Up), yang juga ikut menciptakan serial Netflix Love, men-tweet ancaman ini: “Jangan membuat saya harus memanggil setiap sutradara dan menunjukkan pencipta di Bumi untuk melawan Anda dalam hal ini. Hemat saya waktu. Saya akan menang tetapi itu akan membutuhkan banyak waktu. Jangan — dengan waktu kami. Kami memberimu hal-hal baik. Tinggalkan mereka sebagaimana mereka dimaksudkan untuk dilihat.”

Bintang Breaking Bad Aaron Paul, yang mengulangi perannya yang terkenal di film Netflix El Camino, mengecam langkah itu: “Hentikan… TIDAK ADA CARA @netflix akan bergerak maju dengan ini. Itu berarti mereka sepenuhnya mengendalikan seni orang lain dan menghancurkannya. Netflix jauh lebih baik dari itu. Apakah saya benar Netflix?”

Direktur Peyton Reed (Ant-Man) tweeted: “Ini adalah ide yang mengerikan, dan saya dan setiap sutradara yang saya tahu akan berjuang melawannya.”

Sutradara Brad Bird (The Incredibles dan Mission: Impossible: Ghost Protocol) men-tweetnya bahwa itu adalah “ide buruk yang spektakuler” dan “potongan lain untuk pengalaman sinema yang sudah berdarah”.

Direktur Peter Ramsey (Spider-Man: Into the Spider-Verse) tweeted: “Apakah semuanya harus dirancang untuk yang paling malas dan paling hambar?”

Banyaknya kecaman membuat Netflix merilis pernyataan mengenai hal tersebut. Mereka mengungkap bahwa fitur Speed-Binge masih merupakan percobaan. “Kami selalu bereksperimen dengan cara-cara baru untuk membantu anggota menggunakan Netflix,” kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Deretan Film di Netflix yang Cocok Ditonton Saat Kencan Pertama

“Tes ini memungkinkan untuk memvariasikan kecepatan di mana orang menonton acara di ponsel mereka. Seperti halnya tes apa pun, ini mungkin bukan fitur permanen di Netflix. ”

Wakil presiden Netflix, Keela Robison juga menulis dalam sebuah posting blog: “Tes terakhir ini telah menghasilkan sejumlah umpan balik yang adil – baik untuk maupun melawan. Mengingat pertanyaan yang diajukan, saya ingin berbagi detail lebih lanjut tentang apa yang terjadi … Ini adalah tes khusus seluler dan memberi orang kemampuan untuk memvariasikan kecepatan mereka menonton di ponsel atau tablet. Ini adalah fitur yang telah lama tersedia pada pemutar DVD – dan telah sering diminta oleh anggota kami. Misalnya, orang yang ingin mengubah adegan favorit mereka atau ingin menjadi lebih lambat karena itu adalah judul bahasa asing. Kami peka terhadap masalah pembuat dan belum menyertakan layar yang lebih besar, dalam TV tertentu, dalam pengujian ini. Kami tidak memiliki rencana untuk meluncurkan semua tes ini dalam jangka pendek. Dan apakah kami memperkenalkan fitur-fitur ini untuk semua orang di beberapa titik akan tergantung pada umpan balik yang kami terima.”

Bagaimana menurut pembaca mengenai fitur terbaru Netflix ini?

Sumber: ew.com

Comments

Loading...