OUR NETWORK

Literature and Ideas Festival 2017 Bertema ‘Membawa Amerika Latin: VIVA! REBORN!’

Literature and Ideas Festival 2017 Bertema ‘Membawa Amerika Latin: VIVA! REBORN!’ lifes 2017

Selain negeri sendiri, biasanya kita juga punya satu tempat yang jadi favorit karena alasan tertentu. Misalnya karena suka keindahan alam, kebudayaan, kulinernya, atau karena aktor asal negara cakep-cakep. Ehehe. Nah, kalau kamu suka sama negara-negara Amerika Latin, kebetulan nih… Bersiaplah menyambut event keren dari Komunitas Salihara ini, Literature and Ideas Festival 2017!

Komunitas Salihara membuat Literature and Ideas Festival (LIFEs) sebagai bentuk baru dari Bienal Sastra Salihara yang udah berlangsung sejak 2011. Sesuai namanya, di LIFEs nanti akan ada banyak perbincangan tentang ide dan gagasan. Menarik banget, kan? Amerika Latin sendiri dipilih karena ada banyak pemikiran dan genre sastra penting yang bisa dipelajari. Misalnya ada genre sastra realisme magis, gerakan politik adat dan sosialis, teori pembebasan, dan masih banyak lagi.

Menurut Ayu Utami, direktur LIFEs dan kurator sastra Komunitas Salihara, Amerika Selatan dipilih karena kawasan ini begitu menarik dan juga bisa dibandingkan dengan keadaan Indonesia. “Amerika Latin juga bisa diperbandingkan dengan Indonesia. Dari sejarah kolonialisme, rezim militer dan demokrasi, masalah lingkungan, hingga pertemuan agama Abrahamik dan agama lokal.” Wah, ternyata banyak ya kesamaan Indonesia dan Amerika Latin.

Jadi, bakal ada apa aja di LIFEs 2017? Banyak!

Akan ada forum-forum diskusi yang digelar selama event berlangsung, terutama diskusi seputar sastra dan pemikiran. Ada Diskusi Meja Bundar, Pentas Sastra, Pentas Malam: Sajian dari Selatan, lokakarya, bazaar buku, pemutaran film-film penting, serta kolaborasi pertunjukan dan pameran seni rupa. Kamu yang menggemari sastrawan Indonesia seperti Ziggy Zezsyazioviennazabriskie dan Feby Indirani juga jangan sampai ketinggalan penampilan mereka, Ladies. Terakhir, LIFEs 2017 akan ditutup oleh ceramah dari M. Chatib Basri dan juga penampilan duet musik Indonesia-Venezuela.

LIFEs terbuka untuk semua kalangan dan berlangsung mulai 7 Oktober hingga 28 Oktober 2018 di Komunitas Salihara. Event ini didukung oleh kedutaan besar Cile, Brasil, Argentina, Meksiko, Kolombia, Spanyol, Kuba, Venezuela, dan Swiss yang berada di Indonesia.

Untuk info lebih jelasnya, Ladies bisa mengunjungi situs mereka di sini, atau kepoin Instagram @komunitas_salihara, Twitter di @salihara, dan juga Facebook mereka. See you there, mi amigos!

Comments

Loading...