test
OUR NETWORK

Dukungan MSIG Indonesia demi Pendidikan Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi

Seperti yang telah Ladies ketahui, aktivitas belajar-mengajar akan segera berlangsung secara normal, secara bertahap. Dalam rangka mempersiapkannya, MSIG menyelenggarakan virtual seremoni penyerahan donasi berupa 6.000 buah (1.500 set buku) edukasi protokol kesehatan Covid-19 pada anak kepada 12 sekolah di Paliyan, Yogyakarta. Acara ini juga menjadi penutupan rangkaian penyelenggaraan kompetisi menggambar tingkat sekolah dasar. Kompetisi ini pun merupakan implementasi dari eduaksi pelestarian keanekaragaman hayati yang dilaksanakan oleh MSIG Indonesia sejak bulan Agustus 2021.

Takashi Ogita selaku Direkture MSIG Indonesia menyampaikan harapannya terkait acara tersebut.

“Inisiatif ini merupakan kontribusi nyata MSIG Indonesia untuk berperan dalam penanggulangan COVID-19 dan pengembangan pendidikan di wilayah Paliyan, Yogyakarta. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk menciptakan masyarakat yang dinamis dan turut serta menjaga masa depan bumi.”

Ke-12 sekolah dasar yang menerima donasi pendidikan dan melibatkan siswanya dalam kompetisi menggambar antara lain MI Yappi Banjaran, SD Muhammadiyah Karangduwet, SDN Paliyan I, SDN Paliyan II, SDN Paliyan IV, SDN Paliyan V, SDN Trowono I, SDN Karang Asem yang berlokasi di kecamatan Paliyan serta MI Yappi Karang, SDN Kepek I, SDN Kepek II dan SDN Jetis I di kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pandemi mengharuskan para orang tua dan tenaga pendidikan untuk menemukan solusi kegiatan edukatif yang aman dan membangun. Terutama untuk mereka dengan keterbatasan akses internet. Atas pertimbangan tersebut, MSIG Indonesia menyelenggarakan kegiatan pendidikan pelestarian keanekaragaman hayati yang edukatif sekaligus merangsang kreativitas.

Antusiasme siswa sekolah dasar di Paliyan terhadap kegiatan ini terbukti dengan jumlah siswa yang berpartisipasi.

Hingga penutupan kompetisi pada akhir Agustus 2021 yang lalu sejumlah 1.265 siswa mendaftar menjadi peserta. Jumlah itu merupakan sekitar 89% dari jumlah sekolah dasar di Paliyan. Para pemenang mendapatkan smartphone sebagai sarana pendukung untuk menjalani kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun di rumah. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah telah dilakukan oleh perwakilan MSIG Indonesia di Paliyan, Yogyakarta kepada para kepala sekolah pada tanggal 15 September 2021 yang lalu.

Sementara itu, buku pedoman protokol kesehatan berjudul ‘Seri Aman Bersekolah’ juga disusun berdasarkan riset mandiri yang kredibel. MSIG Indonesia memahami kebutuhan atas sarana edukasi berupa panduan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang akurat dengan pemaparan yang sesuai bagi anak-anak sekolah dasar.

Sejak tahun 2005 pun, Mitsui Sumitomo Co., Ltd telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah DI Yogyakarta dan pihak-pihak lainnya dalam membangun proyek pemulihan dan pelestarian hutan di kawasan Suaka Margasatwa Paliyan. Hal ini dilakukan sebagai wujud dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan.

Guna mendukung proyek tersebut, selama 16 tahun MSIG Indonesia secara konsisten berkontribusi dalam pendidikan anak-anak sekolah dasar di sekitar wilayah sekitar Suaka Margasatwa Paliyan. Salah satunya melalui pemberian donasi kepada 12 sekolah-sekolah dasar dengan jumlah anak didik sekitar 1.500 siswa. Donasi yang diberikan berupa peralatan pendukung kegiatan belajar mengajar dan ekstrakurikuler sekolah.

Must Read

Related Articles