OUR NETWORK

Bersiaplah, Golden Globes 2018 akan Dipenuhi oleh Gaun Hitam!

Bersiaplah, Golden Globe 2018 akan Dipenuhi oleh Gaun Hitam!

Tahun 2017 menjadi tahun bersejarah bagi para perempuan di Hollywood. Bukan saja di bidang pencapaian box office dan pendapatan, seperti yang diraih oleh Patty Jenkins  dan Wonder Woman, tetapi juga di bidang kemanusiaan. Pasti masih jelas di ingatan Ladies mengenai kasus pelecehan yang dilakukan oleh produser ternama Hollywood, Harvey WeinsteinSelama tiga dekade dia memanfaatkan posisinya dan melakukan abuse yang terstruktur. Kasus tersebut bukan hanya mampu menjatuhkan Harvey dari posisinya, tetapi juga menginspirasi korban lain untuk membuka pengalaman pahitnya di masa lalu. Secara berangsur-angsur, berbagai pengakuan mengenai kasus pelecehan seksual menerpa A-lister Hollywood. Sebut saja James Toback, Louis C.K., Matt Lauer, Kevin Spacey, dan bahkan Dustin Hoffman. Tidak cukup hanya berbicara di media, para korban kini memutuskan untuk menjadikan Golden Globe 2018 mendatang sebagai ajang untuk melanjutkan pesan dan peringatan.

Menurut US Weekly, para tamu undangan perempuan tahun ini akan mengenakan pakaian serba hitam. Ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pelecehan dan kekerasan seksual terhadap wanita.

Gagasan ini berasal dari beberapa kalangan aktris yang memutuskan untuk mengenakan gaun hitam sebagai bentuk solidaritas. Namun, ide ini kemudian menyebar luas dan mendapatkan banyak pendukung. Sumber dari US Weekly memastikan bahwa semua aktris yang menjadi nominasi akan turut berpartisipasi.

Namun ternyata, Golden Globe ini bukan satu-satunya ajang penghargaan yang dijadikan arena protes. Ajang penghargaan bergengsi lain, yaitu Screen Actors Guild Awards juga mengumumkan all-female presenter yang akan memandu acara tersebut. Keputusan tersebut diharapkan dapat membantu perempuan mendapatkan lebih banyak tempat untuk menyuarakan haknya, serta bentuk penghargaan terhadap para wanita yang sudah berani bersuara.

Tidak sabar menantikan Golden Globe dan SAG tahun depan? Catat tanggalnya ya Ladies, Golden Globe akan ditayangkan hari Minggu, 7 Januari pada pukul 8 malam waktu setempat. Sementara SAG akan diselenggarakan pada tanggal 21 Januari pukul 5 sore waktu setempat. Women united!

Sumber: Harper’s Bazaar, Foto cover: harpersbazaar.com

Comments

Loading...