OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Posisi Tidur Ungkap Kepribadian Seseorang, Kamu yang Mana Nih?

Selama ini, kepribadian diketahui merupakan sesuatu yang bisa kamu kendalikan, apalagi ketika berhadapan dengan orang lain. Melalui rincian dari caramu berbicara, berpenampilan, dan memperlakukan orang lain. Tapi, ternyata ada beberapa yang terus kamu ulang sehingga membentuk kepribadian dominanmu. Menurut studi dan sejumlah psikolog, kepribadian tersebut bisa terlihat dari preferensi posisi tidurmu, loh! Berdasarkan hasil survey yang dilakukannya, pakar tidur, Chris Idzikowski, menyatakan, ada enam posisi tidur yang bisa mengungkap sifat dan perilaku unik dalam dirimu sebagaimana dipaparkan pada ulasan berikut.

Posisi tidur miring

Posisi Tidur Ungkap Kepribadian Seseorang, Kamu yang Mana Nih?
Sumber: beachbodyondemand.com

Dalam posisi tidur miring, terdapat tiga jenis posisi lagi yang terbagi di dalamnya, yakni fetal, yearner, dan log. Fetal atau janin merupakan posisi miring, di mana tangan dan kakimu meringkuk ke dalam. Yearner ditunjukkan dari posisi miring di mana tanganmu terulur. Kemudian, log diperlihatkan dengan posisi miring di mana tangan diletakkan di sampingmu.

Bila kamu lebih nyaman tidur dalam posisi fetal, kamu merupakan seorang yang pemalu pada awalnya. Namun, setelah kamu dekat dengan seseorang, kamu akan sangat terbuka pada orang tersebut. Sementara, buat kamu yang suka posisi yearner, pada umumnya kamu bersifat terbuka dan yakin dengan pilihan yang kamu tentukan. Hanya saja, terkadang kamu menunjukkan sikap curiga dan sinis. Buat kamu yang lebih nyaman dengan posisi log, berdasarkan studi, kamu cenderung orang yang santai, pintar bersosialisasi, dan mudah percaya.

Posisi tidur telentang

Posisi Tidur Ungkap Kepribadian Seseorang, Kamu yang Mana Nih?
Sumber: bettersleep.org

Pada posisi tidur telentang, jenisnya terbagi menjadi dua, yakni soldier dan starfish. Soldier diperlihatkan dengan posisi punggung lurus dan tangan berada di samping tubuh. Di sisi lain, starfish, dengan posisi punggung yang sama, namun, letak tangan mengarah ke atas dan kaki sedikit terbuka.

Buat kamu yang cenderung nyaman dengan posisi soldier, kamu merupakan orang yang tenang dan pendiam. Selain itu, posisi tidur yang satu ini cenderung memiliki standar tinggi, loh! Sementara itu, pecinta posisi starfish, orangnya gemar membantu orang lain. Ia juga pendengar yang baik, tapi cenderung menghindari spotlight.

Posisi tidur telungkup

Posisi Tidur Ungkap Kepribadian Seseorang, Kamu yang Mana Nih?
Sumber: obasan.com

Berbeda dengan lainnya, posisi tidur telungkup hanya memiliki satu jenis, yakni freefall. Posisi ini diperlihatkan dengan posisi perut di bawah dan tangan berada di bawah bantal dengan kepala miring ke satu sisi. Freefallers biasanya tidak menyukai kritik, Ladies, atau situasi yang ekstrem.

Baca juga: Ini Dia yang Terjadi Pada Otak Saat Seseorang Kurang Tidur

Di samping survey yang dilakukan Idzikowski, ada juga loh survey dengan fokus serupa yang dilakukan oleh Better Sleep Council (BSC), tapi memberikan hasil yang tak kalah menarik. Dalam surveynya ditemukan bahwa ternyata perempuan lebih menyukai posisi tidur fetal, sementara laki-laki lebih menyukai posisi starfish dan log. Kemudian, ditemukan juga, ternyata kebanyakan generasi milenial dan gen X lebih menyukai posisi tidur telungkup daripada baby boomer. Nah, para introvert dalam survey ini juga diketahui ternyata cenderung menghindari posisi tidur telungkup dengan tangan terangkat.

Meski begitu, hasil survey ini tidak membuat kepribadianmu pasti seperti itu, ya Ladies. Kepribadian merupakan sesuatu yang cair, begitu pula preferensi tidurmu yang dapat berubah. Selain itu, masih diperlukan studi yang meneliti kaitan antara kepribadian dan posisi tidur, sehingga ada potensi pula hasil di atas dapat berubah.

Sumber: Greatist

Must Read

Related Articles